PENGARUH METODE CARD SORT TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FIQIH BAB PUASA FARDLU KELAS VIII DI MTs NUSANTARA SUKOLILO SUKODADI LAMONGAN

MUFIDATUL LAILIYAH, 12201173308 (2021) PENGARUH METODE CARD SORT TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FIQIH BAB PUASA FARDLU KELAS VIII DI MTs NUSANTARA SUKOLILO SUKODADI LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Card Sort terhadap Keaktifan Dan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Fiqih Bab Puasa Fardlu Kelas VIII Di MTs Nusantara Sukolilo Sukodadi Lamongan” oleh Mufidatul Lailiyah, NIM 12201173308 yang dibimbing oleh Bapak Drs. Nurul Hidayat, M. Ag. Kata Kunci: Metode Card Sort, Keaktifan dan Prestasi Belajar, Pembelajaran Fiqih. Menjadi seorang pendidik sebaiknya harus bisa menyeimbangi teknologi di masa ini. Oleh karena itu seorang pendidik memberikan kesempatan siswa untuk bisa lebih aktif dan mampu mengemukakan pendapatnya sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Diantaranya dengan menggunakan metode pembelajaran interaktif dengan menggunakan metode Card Sort. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : (1) Adakah pengaruh metode Card Sort terhadap keaktifan belajar pada pembelajaran fiqih bab puasa fardlu kelas VIII di MTs Nusantara Sukolilo Sukodadi Lamongan. (2) Adakah pengaruh metode Card Sort terhadap prestasi belajar pada pembelajaran fiqih bab puasa fardlu kelas VIII di MTs Nusantara Sukolilo Sukodadi Lamongan. (3) Adakah pengaruh metode Card Sort terhadap keaktifan dan prestasi belajar pada pembelajaran fiqih bab puasa fardlu kelas VIII di MTs Nusantara Sukolilo Sukodadi Lamongan. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Menjelaskan pengaruh metode Card Sort terhadap keaktifan belajar pada pembelajaran fiqih bab puasa fardlu kelas VIII di MTs Nusantara Sukolilo Sukodadi Lamongan. (2) Menjelaskan pengaruh metode Card Sort terhadap prestasi belajar pada pembelajaran fiqih bab puasa fardlu kelas VIII di MTs Nusantara Sukolilo Sukodadi Lamongan. (3) Menjelaskan pengaruh metode Card Sort terhadap keaktifan dan prestasi belajar pada pembelajaran fiqih bab puasa fardlu kelas VIII di MTs Nusantara Sukolilo Sukodadi Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, dan dokumentasi. Populasi diambil dari peserta didik kelas VIII yang terbagi menjadi dua kelas : 19 siswa sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa sebagai kelas control. Teknik Sampling yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel 39 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Generalisasi Linier, Uji MANOVA (Multivariat Analysis of Variance). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh metode Card Sort terhadap keaktifan belajar fiqih bab puasa fardlu peserta didik di MTs Nusantara Sukolilo Sukodadi Lamongan ditunjukkan dengan hasil nilai Sig. 0,006. (2) Ada pengaruh metode Card Sort terhadap prestasi belajar fiqih bab puasa fardlu peserta didik di MTs Nusantara Sukolilo Sukodadi Lamongan ditunjukkan dengan hasil nilai Sig. 0,005. (3) Ada pengaruh metode Card Sort terhadap keaktifan dan prestasi belajar fiqih bab puasa fardlu peserta didik di MTs Nusantara Sukolilo Sukodadi Lamongan ditunjukkan dengan hasil nilai Sig. 0,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam
Fiqih > Puasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173308 MUFIDATUL LAILIYAH
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:39
Last Modified: 12 Aug 2021 04:39
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/20569

Actions (login required)

View Item View Item