STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MELALUI MEDIA WHATSAPP GROUP DI ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung)

ANA MARSELA SUWARTO, 12205173056 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MELALUI MEDIA WHATSAPP GROUP DI ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (399kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Media Whatsapp Group di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung)” ini ditulis oleh Ana Marsela Suwarto, NIM.12205173056, Pembimbing: Lailatuzz Zuhriyah, M. Fil. I. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, WhatsApp Group, Pandemi Covid-19 Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang melanda dunia pendidikan di Indonesia saat ini akibat mewabahnya pandemi Covid-19. Secara umum, dampak pandemi dalam bidang pendidikan dirasakan oleh seluruh lembaga pendidikan di Indonesia, terutama pada aspek penggunaan media pembelajarannya. Tak terkecuali pada SDI Miftahul Huda Plosokandang yang juga mulai beralih pada platform digital sebagai sarana dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Whatsapp Group merupakan media pembelajaran daring yang cukup digandrungi oleh siswa dan wali siswa. Oleh karena itu, pemilihan Whatsapp Group sebagai media pembelajaran di SDI Miftahul Huda Plosokandang, terutama pada mata pelajaran Akidah Akhlak dirasa sebagai pilihan yang tepat, mengingat platform digital ini sangat mudah diakses oleh mayoritas siswa. Dimana sekolahan tersebut harus menggunakan pembelajaran daring serta problematika dari srategi pembelajaran dengan menggunakan media WhatsApp Group. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1)Bagaimana perencanaan media WhatsApp Group dalam pembelajaran Akidah Akhlak di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? 2)Bagaimana pelaksanaan media WhatsApp Group dalam pembelajaran Akidah Akhlak di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? 3)Bagaimana evaluasi hasil belajar Akidah Akhlak setelah dilakukan pembelajaran dengan media WhatsApp Group?. Adapun yang tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Media Whatsapp Group di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskripsi studi kasus. Sumber data yaitu kepala madrasah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi penelitian, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama dengan koordinasi kepala sekolah, melaksanakan rapat, dan membuat RPP. Kedua dengan memberikan materi, penugasan melalui WhatsApp Group, kemudian pengumpulan tugas ke sekolah. Ketiga yaitu dengan menggunakan bukti pembelajaran yang dibutuhkan untuk menyimpulkan kualitas keterampilan siswa adalah bersifat formatif atau sumatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Media Sosial
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173056 Ana Marsela S
Date Deposited: 12 Aug 2021 02:31
Last Modified: 04 Nov 2021 03:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20555

Actions (login required)

View Item View Item