PERAN GURU MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS ARAB PEGON BAGI SANTRI MADRASAH DINIYAH HANIF AL-HIDAYAH BANGSRI NGLEGOK BLITAR

RIDA ANIKA ROHMAH, 12201173270 (2021) PERAN GURU MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS ARAB PEGON BAGI SANTRI MADRASAH DINIYAH HANIF AL-HIDAYAH BANGSRI NGLEGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (829kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rida Anika Rohmah, NIM. 12201173270, Skripsi dengan judul “Peran Guru Madrasah Diniyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Arab Pegon bagi Santri Madrasah Diniyah Hanif Al-Hidayah Bangsri Nglegok Blitar”, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2021 , Dosen Pembimbing: Dr. H. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I. NIP. 196902052003121005 Kata Kunci: Peran Guru, Kemampuan Membaca Menulis, Arab Pegon Arab pegon merupakan salah satu kearifan lokal, warisan tradisi keilmuan dan peradaban ulama Nusantara yang terancam punah. Madrasah diniyah Hanif Al-Hidayah Bangsri Nglegok Blitar adalah salah satu madrasah yang masih mempertahankan pembelajaran dengan menggunakan Arab pegon dengan tujuan anak dimasa sekarang masih mengenal Arab pegon meskipun tidak mondok di pondok pesantren. Fokus penelitian: 1. Bagaimana Peran Guru sebagai Pengajar dan Pendidik dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Arab Pegon bagi Santri Madrasah Diniyah Hanif Al-Hidayah Bangsri Nglegok Blitar. 2. Bagaimana Peran Guru sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Arab Pegon bagi Santri Madrasah Diniyah Hanif Al-Hidayah Bangsri Nglegok Blitar. 3. Bagaimana Peran Guru sebagai Evaluator dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Arab Pegon bagi Santri Madrasah Diniyah Hanif Al-Hidayah Bangsri Nglegok Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sekunder (person, place, paper). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan cara mereduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1. Peran guru sebagai pengajar dan pendidik yakni guru sangat berperan dalam pembelajaran dan pembentukan karakter sehingga peserta didik dapat mencapai suatu tujuan yang diharapkan oleh guru, baik dari segi kualitas ilmu yang didapatkan dalam membaca dan menulis Arab pegon maupun terbentuknya akhlak dan karakter peserta didik menjadi lebih baik sesuai harapan guru serta bermanfaat bagi peserta didik sendiri maupun orang lain. 2. Peran guru sebagai motivator yakni dengan memberikan motivasi kepada peserta didik, dengan berbagai cara demi meningkatkan semangat belajar peserta didik, diantaranya dengan memunculkan motivasi dengan kisah teladan, kompetisi, pujian, teguran, serta memberikan reward/nilai disetiap prestasi yang telah dicapai. Selain itu juga guru juga harus bekerja sama dengan orang tua karena peran orang tua juga sangat mempengaruhi semangat belajar peserta didik sehingga peserta didik semakin tergugah semangat belajarnya. 3. Peran guru sebagai evaluator yakni guru dapat mengetahui dan mengontrol sejauh mana kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik dalam membaca dan menulis Arab pegon dan memahami materi yang diajarkan baik dari cara penulisan maupun membacanya, mengetahui apakah metode yang digunakan selama pembelajaran itu sudah efektif atau belum, serta dapat membantu guru untuk menyusun laporan hasil belajar kepada wali murid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173270 RIDA ANIKA ROHMAH
Date Deposited: 12 Aug 2021 07:13
Last Modified: 12 Aug 2021 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20542

Actions (login required)

View Item View Item