PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI AL-QUR’AN DENGAN MODEL TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA PADA POKOK BAHASAN MATERI SPLDV KELAS VIII MTs Al – MUSLIHUUN BLITAR TAHUN AJARAN 2020/2021

ABI ZAINUR MUZAKKI, 12204173246 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI AL-QUR’AN DENGAN MODEL TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA PADA POKOK BAHASAN MATERI SPLDV KELAS VIII MTs Al – MUSLIHUUN BLITAR TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh pembelajaran matematika terintegrasi Al-Qur’an dengan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar dan sikap keberagamaan siswa pada pokok bahasan materi SPLDV kelas VIII MTS Al Muslihuun Blitar Tahun Ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Abi Zainur Muzakki. NIM:12204173246 Kata Kunci: Pengaruh, Pembelajaran, integrasi, matematika, Al-Qur’an, Teams Game Tournament (TGT), SPLDV, hasil belajar, sikap keberagamaan Integrasi pembelajaran matematika dengan Al-Qur’an merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengasah pemahaman dan kemampuan matematika peserta didik, juga dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai islam pada peserta didik. Tentunya dalam mengintegrasikan pembelajaran dan menanamkan nilai-nilai tersebut diperlukan metode pembelajaran yang menarik agar tujuan dapat tercapai. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika terintegrasi Al-Qur’an dengan model teams game tournament (TGT) pada pokok bahasan materi SPLDV terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs AL - Muslihuun Blitar tahun ajaran 2020/2021; (2) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika terintegrasi Al-Qur’an dengan model teams game tournament (TGT) pada pokok bahasan materi SPLDV terhadap sikap keberagamaan siswa kelas VIII MTs AL - Muslihuun Blitar tahun ajaran 2020/2021; (3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika terintegrasi Al-Qur’an dengan model teams game tournament (TGT) pada pokok bahasan materi SPLDV terhadap hasil belajar dan sikap keberagamaan siswa kelas VIII MTs AL - Muslihuun Blitar tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini mengarah pada quasi eksperimental design tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Muslihuun Blitar. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dengan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan VIII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Uji yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas sebagai uji prasyarat dan uji t-test, uji manova digunakan untuk uji hipotesis. Hasil peneitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh pembelajaran matematika terintegrasi Al-Qur’an dengan metode Teams Game Turnament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan materi Sistem Persamaan linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII MTs Al – Muslihuun Blitar tahu ajaran 2020/2021. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai Thitung (2,801) > Ttabel (2,048), maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima; (2) Ada pengaruh pembelajaran matematika terintegrasi Al-Qur’an dengan metode Teams GameTurnament (TGT) terhadap sikap keberagamaan siswa pada pokok bahasan materi Sistem Persamaan linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII MTs Al – Muslihuun Blitar tahu ajaran 2020/2021. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai Thitung (8,505) > Ttabel (2,048), maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima; (3) Ada pengaruh pembelajaran matematika terintegrasi Al-Qur’an dengan metode Teams Game Turnament (TGT) terhadap hasil belajar dan sikap keberagamaan siswa pada pokok bahasan materi Sistem Persamaan linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII MTs Al – Muslihuun Blitar tahun ajaran 2020/2021

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Matematika
Pendidikan Islam
Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173246 ABI ZAINUR MUZAKKI
Date Deposited: 13 Aug 2021 07:40
Last Modified: 13 Aug 2021 07:41
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/20532

Actions (login required)

View Item View Item