PENYELESAIAN KREDIT MACET MELALUI SECOND WAY OUT OLEH NOTARIS DITINJAU DARI HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di Bank Jateng Syariah Cabang Pekalongan)

RAFITA SARIANI, 12101173070 (2021) PENYELESAIAN KREDIT MACET MELALUI SECOND WAY OUT OLEH NOTARIS DITINJAU DARI HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di Bank Jateng Syariah Cabang Pekalongan). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (847kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (847kB)

Abstract

Rafita Sariani, 12101173070, Penyelesaian Kredit Macet Melalui Second Way Out Oleh Notaris Ditinjau Dari Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Di Bank Jateng Syariah Cabang Pekalongan), Jurusan Hukum ekonomi Syariah, IAIN Tulungagung, 2020, Pembimbing: Abd. Khoir Wattimena, M.H Kata Kunci: hukum ekonomi syariah, kredit macet, notaris, second way out Pandemi COVID-19 membuat kredit macet yang semakin meningkat, di lingkungan perbankan, sehingga perlu adanya langkah-langkah oleh pihak perbankan untuk meminimalisir kredit macet tersebut. Di samping pihak perbankan, notaris juga dapat berperan menyelesaikan kasus kredit macet yaitu dengan metode second way out. Dalam second way out, barang jaminan tidak langsung disita oleh pihak bank, notaris melakukan upaya mediasi atau mencari solusi terbaik agar supaya nasabah mampu membayar kredit dan jaminan tidak disita oleh pihak bank. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini: 1) Bagaimana penyelesaian kredit macet melalui Second Way Out oleh notaris di Bank Jateng Syariah Cabang Pekalongan?; 2) Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penyelesaian kredit macet melalui Second Way Out oleh notaris di Bank Jateng Syariah Cabang Pekalongan?. Sedangkan tujuan penelitian adalah: 1) untuk mendeskripsikan penyelesaian kredit macet melalui Second Way Out oleh notaris di Bank Jateng Syariah Cabang Pekalongan; 2) untuk menganalisis bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penyelesaian kredit macet melalui Second Way Out oleh notaris di Bank Jateng Syariah Cabang Pekalongan Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah deskripsi-analitis, yaitu menggambarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dikaikan dengan teori-teori hukum dan praktek pelaksanaan hukum positif yang menyangkut permasalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan editting, classifying, verifikasi, analisis data, uji keabsahan data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penyelesaian kredit macet melalui Second Way Out oleh notaris di Bank Jateng Syariah Cabang Pekalongan akibat hukum dari dipasangnya Hak Tanggungan adalah Bank dapat melaksanakan lelang eksekusi Hak Tanggungan (second way out) apabila debiturnya macet. Bank tidak perlu meminta persetujuan kepada debitur apabila akan melaksanakan lelang. Agunan kredit disediakan oleh debitur untuk menjamin pengembalian hutang kepada Bank dan 2) Tinjauan HES berdasarkan penyelesaian kredit macet yang sudah dilakukan oleh pihak Bank Jateng Syariah Cabang Pekalongan kepada nasabah yang macet dalam melunasi hutang dilihat dari akad qardh sudah sesuai. Karena pihak bank dan notaris masih memberikan hak tangguh kepada peminjam hingga dia berkelapangan dan melihat keadaan/kondisi anggota yang meminjam tersebut dan memberikan toleransi kepada yang sekiranya pantas untuk diberikan kesempatan tambahan waktu pembayaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12101173070 RAFITA SARIANI
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:37
Last Modified: 13 Aug 2021 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20490

Actions (login required)

View Item View Item