HUBUNGAN ANTARA BURNOUT DENGAN DISTRES PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA DALAM MENJALANI PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19

LAILATUL MUKAROMAH, 12308173098 and USWAH WARDIANA, 197002091999032001 (2021) HUBUNGAN ANTARA BURNOUT DENGAN DISTRES PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA DALAM MENJALANI PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]

[img] Text
Hubungan antara Burnout dengan Distres Psikologis pada Mahasiswa dalam Menjalani Pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid-19.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memberi banyak pengaruh terhadap tatanan kehidupan individu. Situasi ini mengharuskan individu mampu melakukan penyesuaian terhadap kebijakan yang berlaku. Tak terkecuali pada aspek pendidikan. Sebagai upaya preventif penyebaran Covid-19 lebih luas, pemerintah memberlakukan kebijakan pembelajaran dengan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi berbasis daring. Kebijakan ini menjadi alternatif dalam situasi saat ini. Namun hal ini menunjukkan adanya pengaruh negatif terhadap kondisi mahasiswa dalam menjalani pembelajaran daring, diantaranya seperti adanya kondisi burnout dan distres psikologis. Yang mana distres psikologis diasumsikan memiliki keterkaitan yang erat dengan tingginya burnout yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara burnout dengan distres psikologis pada mahasiswa dalam menjalani pembelajaran daring dimasa pandemi pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif korelasional, dengan teknik analisis Correlation Product Moment Pearson untuk mengetahui hubungan antar variabel. Sampel dari penelitian ini ditentukan dengan teknik convinience sampling. Dari data yang diterima melalui google form yang telah disebar, diketahui sebanyak 110 partisipan yang ikut serta dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala burnout dengan Cronbach alpha’s 0,911 dan skala distres psikologis dengan Cronbach Alpha’s 0,911. Kedua skala ini menggunakan model Likert dengan 5 opsi jawaban, yakni dari Sangat Sesuai (SS) sampai dengan Sangat Tidak Sesuai (STS). Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, didapatkan hasil koefisien korelasi rxy= 0,648 dan signifikansi kurang dari 0,05 (p<0,05). Yang artinya, bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara burnout dengan distres psikologis pada mahasiswa dalam menjalani pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19, sehingga hipotesis (H0) yang menyatakan tidak ada hubungan antara dua variabel tersebut, ditolak. Kata kunci: Burnout, Distres Psikologis, Mahasiswa, Pembelajaran Daring

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Psikologi > Psikologi klinis
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308173098 Lailatul Mukaromah
Date Deposited: 10 Aug 2021 04:03
Last Modified: 10 Aug 2021 04:03
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/20468

Actions (login required)

View Item View Item