KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HOTS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU

SITI LAILATUR ROSIDAH, 12204173007 (2021) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HOTS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (537kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu” ini ditulis oleh Siti Lailatur Rosidah, NIM. 12204173007, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S. Pd., M. Si. Kata Kunci: literasi matematis, soal tipe HOTS, gaya kognitif Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa kemampuan literasi matematis siswa Indonesia masih jauh dari kata memuaskan. Hal ini terlihat dari beberapa hasil survei yang dilakukan oleh lembaga-lembaga internasional seperti Trend in International Mathematics and Science Study (TIMSS) dan Program for International Student Assessment (PISA) yang menempatkan Indonesia pada posisi yang belum menggembirakan di antara negara-negara yang di survei. Literasi matematis merupakan kemampuan individu untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks untuk memecahkan masalah. Siswa dikatakan mampu menyelesaikan suatu masalah apabila siswa tersebut mampu menelaah suatu permasalahan dan mampu menggunakan pengetahuannya ke dalam situasi baru. Kemampuan inilah yang biasanya dikenal sebagai High Order Thingking Skills (HOTS). HOTS merupakan kemampuan untuk menghubungkan, memanipulasi, dan mengubah pengetahuan serta pengalaman yang sudah dimiliki secara kritis dan kreatif dalam menentukan keputusan untuk menyelesaikan masalah pada situasi baru. Setiap siswa memiliki kemampuan literasi matematis yang berbeda sesuai dengan daya pikir yang dimilikinya. Adanya perbedaan pola berpikir matematis dapat dipengaruhi oleh gaya kognitif seseorang. Dengan membiasakan siswa mengerjakan soal tipe HOTS, akan membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan literasi matematisnya. Oleh karena itu, peneliti melakukan suatu penelitian untuk mengetahui bagaimana gambaran kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS berdasarkan gaya kognitif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dalam menyelesaikan soal tipe HOTS. 2) Mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) dalam menyelesaikan soal tipe HOTS Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa kelas VIII E MTs Ma’arif Bakung Udanawu. Pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara ketekunan/keajegan peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya kognitif FI pada tingkat soal kemampuan literasi matematis level 3 mampu memenuhi 5 indikator cakupan literasi matematis. (2) Kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya kognitif FI pada tingkat soal kemampuan literasi matematis level 4 mampu memenuhi 4 indikator cakupan literasi matematis. (3) Kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya kognitif FD pada tingkat soal kemampuan literasi matematis level 3 hanya mampu memenuhi 3 indikator cakupan kemampuan literasi matematis. (4) Kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya kognitif FD pada tingkat soal kemampuan literasi matematis level 4 belum mampu memenuhi seluruh indikator cakupan kemampuan literasi matematis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Rosidah Siti Lailatur
Date Deposited: 10 Aug 2021 03:16
Last Modified: 10 Aug 2021 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20421

Actions (login required)

View Item View Item