Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa kelas III MI Pesantren Tanggung Kepanjenkidul Kota Blitar

Wardani, Lutvia Kisma (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa kelas III MI Pesantren Tanggung Kepanjenkidul Kota Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian Awal (PDF).pdf

Download (985kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I (PDF).pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II (PDF).pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III (PDF).pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV (PDF).pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V (PDF).pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan (PDF).pdf

Download (96kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), IPS, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwasanya siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwasanya siswa kurang merasa tertarik pada saat proses pembelajaran IPS sehingga berdampak kepada rendahnya prestasi belajar siswa. Kondisi tersebut disebabkan oleh : (1) Pada saat pembelajaran IPS guru tidak menggunakan media yang mendukung, hanya menggunakan buku dan siswa disuruh untuk menyimak dan membaca saja (2) Guru hanya menggunakan metode ceramah saja sehingga siswa merasa bosan, tidak antusias dan tidak termotivasi dalam belajar serta tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru (3) Pada saat pembelajaran siswa banyak yang mengantuk, sebagian ada yang bermain dengan temannya, berbicara sendiri dengan temannya sehingga mengganggu teman yang lain. (4) Siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa banyak yang di bawah KKM yang ditentukan. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pada pokok bahasan uang. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan uang untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III A MI Pesantren Tanggung Kepanjenkidul Kota Blitar tahun ajaran 2013/ 2014 ? (2) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan uang kelas III A MI Pesantren Tanggung Kepanjenkidul Kota Blitar ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk menjelaskan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan uang untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III A MI Pesantren Tanggung Kepanjenkidul Kota Blitar tahun ajaran 2013/ 2014. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar IPS siswa pokok bahasan uang dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas III MI Pesantren Tanggung Kepanjenkidul Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, menggunakan dua siklus. xviii Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terdiri dari : peneliti menjelaskan materi kepada siswa, siswa dibagi menjadi 4 kelompok heterogen, setiap siswa diberikan nomor untuk ditempelkan di dahi, peneliti memberikan lembar kerja kepada setiap kelompok untuk dikerjakan. setelah siswa selesai mengerjakan tugas kelompok, peneliti memanggil salah satu nomor siswa dan nomor yang terpanggil maju ke depan untuk menjelaskan hasil kerja kelompok, siswa yang lain memberikan tanggapan. Selanjutnya peneliti mengevaluasi hasil kerja kelompok, dan peneliti bersama siswa membuat kesimpulan. 2) Prestasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) mengalami peningkatan. Pada pre test ketuntasan belajar siswa 21,05% dengan nilai rata-rata 46,05. Setelah melakukan tindakan siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 57,89% dengan nilai rata-rata 63,60. Kemudian pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat lagi menjadi 84,21% dengan nilai rata-rata 76,57. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar belajar IPS siswa kelas III A MI Pesantren Tanggung Kepanjenkidul Kota Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 01 Dec 2014 07:15
Last Modified: 01 Dec 2014 07:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item View Item