STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SANTRI DI TPQ AL-FALAH BULUS BANDUNG TULUNGAGUNG

FAUZA FIDAUDINA, 12201173171 (2021) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SANTRI DI TPQ AL-FALAH BULUS BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (490kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (276kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Membentuk Akhlakul Karimah Santri di TPQ Al-Falah Bulus Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Fauza Fidaudina, NIM. 12201173171, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. ST. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci: Strategi Guru, Akhlakul Karimah Perkembangan teknologi yang didukung dengan pemanfaatan internet mengakibatkan masyarakat terutama kalangan anak-anak senantiasa menggunakan secara berlebihan salah satunya dalam bermedia sosial tanpa memikirkan dampak negatifnya. Fenomena ini dihadapi oleh anak didik dalam lingkungan pendidikan, seperti santri TPQ Al-Falah Bulus Bandung Tulungagung. Pihak TPQ terutama para guru berusaha untuk menerapkan metode pendidikan akhlak sebagai strategi dalam pembentukan akhlakul karimah santri. Fokus dalam penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana strategi guru dalam membentuk akhlakul karimah santri melalui keteladanan di TPQ Al-Falah Bulus Bandung Tulungagung? 2) Bagaimana strategi guru dalam membentuk akhlakul karimah santri melalui pembiasaan di TPQ Al-Falah Bulus Bandung Tulungagung? 3) Bagaimana strategi guru dalam membentuk akhlakul karimah santri melalui nasihat di TPQ Al-Falah Bulus Bandung Tulungagung? 4) Bagaimana strategi guru dalam membentuk akhlakul karimah santri melalui pemberian perhatian di TPQ Al-Falah Bulus Bandung Tulungagung? 5) Bagaimana strategi guru dalam membentuk akhlakul karimah santri melalui hukuman di TPQ Al-Falah Bulus Bandung Tulungagung? Tujuan dalam penelitian ini, yaitu 1) Mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk akhlakul karimah santri melalui keteladanan di TPQ Al-Falah Bulus Bandung Tulungagung. 2) Mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk akhlakul karimah santri melalui pembiasaan di TPQ Al-Falah Bulus Bandung Tulungagung. 3) Mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk akhlakul karimah santri melalui nasihat di TPQ Al-Falah Bulus Bandung Tulungagung. 4) Mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk akhlakul karimah santri melalui pemberian perhatian di TPQ Al-Falah Bulus Bandung Tulungagung. 5) Mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk akhlakul karimah santri melalui hukuman di TPQ Al-Falah Bulus Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif naratif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, serta triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam membentuk akhlakul karimah santri di TPQ Al-Falah Bulus Bandung Tulungagung, yaitu 1) Strategi guru melalui keteladanan, seperti mendampingi salat berjemaah dan Peringatan Hari Besar Islam, berpakaian rapi dan sopan, mengucapkan dan menjawab salam dengan baik, serta berkomunikasi dengan baik dan sopan. 2) Strategi guru melalui pembiasaan, seperti mengumandangkan azan ketika memasuki waktu salat, menjalankan salat secara berjemaah, melaksanakan kegiatan bershalawat, mengikuti latihan qiraat, membaca doa dalam pembelajaran Al-Qur’an, mengikuti kegiatan olahraga senam, serta menata dan menyapu ruangan belajar. 3) Strategi guru melalui nasihat, seperti beristikamah menjalankan ibadah salat dan membaca Al-Qur’an, menjaga diri dalam pergaulan masyarakat, menghormati dan menghargai sesama, serta berpakaian sopan dan menutup aurat. 4) Strategi guru melalui pemberian perhatian, seperti menambah dan menaikkan bacaan ayat Al-Qur’an, mengawasi pergaulan di lingkungan TPQ, menyapa dan berkomunikasi dengan baik, serta mengadakan kegiatan peresmian santri khatam Al-Qur’an. 5) Strategi guru melalui hukuman, seperti menghafal doa qunut dan surah-surah pendek, membaca istighfar dengan khusyuk, mengucapkan permintaan maaf dan berjabat tangan, serta membersihkan ruangan belajar dan lingkungan TPQ.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173171 FAUZA FIDAUDINA
Date Deposited: 10 Aug 2021 02:38
Last Modified: 10 Aug 2021 02:38
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/20394

Actions (login required)

View Item View Item