PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

DARUN NASIHA, 12204173107 (2021) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (789kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (106kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Persepsi siswa tentang Pembelajaran Matematika terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung Tahun Pelajaran 2020/2021”, ditulis oleh Darun Nasiha, NIM 12204173107, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Persepsi Siswa tentang Pembelajaran Matematika, Minat Belajar Matematika. Pembelajaran matematika merupakan salah satu pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa dalam mengasah kemampuan berpikir logis, kritis, analitis, kreatif, dan kerja sama. Tentunya siswa memiliki persepsi atau penilaian sendiri pada matematika. Ada siswa memberikan penilaian yang baik pada matematika, namun ada juga siswa mempunyai penilaian kurang baik pada matematika tergantung bagaimana ia merasakan pengalaman belajar yang telah diperoleh. Siswa yang memiliki penilaian kurang baik pada matematika beranggapan bahwa pelajaran tersebut membuat pusing karena melibatkan rumus, simbol, dan angka yang sulit untuk dipahami, serta proses pembelajaran yang cenderung monoton sehingga membuat siswa tidak tertarik untuk mempelajari matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui (1) Persepsi siswa tentang pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung, (2) Minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung, (3) Pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran matematika terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 151 siswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 60 sampel. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan pedoman wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi siswa tentang pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung berada pada kategori sedang, ditunjukkan dengan tingkat kecenderungan sebesar 69%, (2) Minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung berada pada kategori sedang, ditunjukkan dengan tingkat kecenderungan sebesar 70%, (3) Persepsi siswa tentang pembelajaran matematika berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan kontribusi pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran matematika sebanyak 58,2%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173107 Darun Nasiha
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:57
Last Modified: 09 Aug 2021 07:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20379

Actions (login required)

View Item View Item