IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI MANBAUL ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

ZUMROTUL AKMALA, 12205173058 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI MANBAUL ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (934kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (807kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (616kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Implementasi Pembelajaran Online dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MI Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung, oleh Zumrotul Akmala. NIM. 12205173058. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan jurusan PGMI dengan Dosen Pembimbing Bapak Drs. H. Jani, MM, M. Pd. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Online Pembelajaran online adalah sistem pembelajaran yang dilaksanakan dimasa pandemi covid-19. Termasuk MI Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Dalam implementasi pembelajaran online ada beberapa permasalahan, diantaranya yaitu: Guru dan siswa mengeluh dengan kuota internet. Siswa tidak memahami materi dari guru dengan baik. Tidak semua guru mengetahui media atau aplikasi yang sesuai dengan pembelajaran online SD/MI. Kurangnya perhatian orang tua kepada implementasi pembelajaran online. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran online?, 2) Apa saja faktor hambatan, dan dukungan?, serta 3) Bagaimana Solusi hambatan implementasi pembelajaran online dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung?. Untuk itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Implementasi pembelajaran online, 2) Faktor hambatan, dan dukungan, serta 3) Solusi hambatan pembelajaran online dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung Penelitian ini adalah penelitian jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes tulis, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Hasil penelitian meliputi: 1) Implementasi pembelajaran online di MI Manbaul Ulum Buntaran melalui grop whatsapp. Dengan cara guru mengirimkan link video youtube untuk materi dan google from untuk tugas ke grop whatsapp. 2) Faktor hambatannya yaitu: a) Guru dan siswa mengeluh dengan pengeluaran kuota internet, b) Siswa tidak dapat mnerima materi dengan baik, c) Kurangnya dukungan dari orang tua, d) Tidak semua guru bisa memilih aplikasi atau media yang sesuai. Sedangkan dukungannya yaitu: a) Waktu pembelajaran lebih efektif dan efisien, b) Dapat dilaksanakan di mana pun dengan tetap terhubung dengan internet. 3) solusi hambatannya yaitu: a) Komunikasi antara guru, siswa dan orang tua, b) Adanya dukungan orang tua, c) Pengontrolan anak dalam implementasi pembelajaran online. d) Guru harus belajar teknologi untuk penyesuaian pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173058 ZUMROTUL AKMALA
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:09
Last Modified: 09 Aug 2021 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20352

Actions (login required)

View Item View Item