STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DARING DI MTSN 9 KEDIRI.

MUHAMMAD FADAN AROM ISLAHAN, 12201173235 (2021) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DARING DI MTSN 9 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (881kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Fadan Arom Islahan, NIM. 12201173235, 2021: Skripsi dengan judul "Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Metode Pembelajaran Daring di MTsN 9 Kediri", dibimbing oleh Nur Cholis, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru Akidah Akhlak, Karakter Siswa, Metode Pembelajaran Daring Pendidikan nasional memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Untuk memperoleh tujuan tersebut diperlukan guru yang memiliki strategi pembelajaran yang efektif. Diperlukan juga mata pelajaran yang mendukung seperti Akidah Akhlak. Serta lembaga pendidikan yang menunjang seperti MTsN 9 Kediri. MTsN 9 Kediri memiliki visi menanamkan karakter siswa. Dikarenakan mewabahnya virus covid 19, maka pembelajaran menggunakan metode pembelajaran daring sebaagai upaya preventif penyebaran covid 19. Banyak polemik bermunculan seperti “pembelajaran daring tidak bisa membentuk karakter siswa”. Maka dari itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul strategi guru akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa melalui metode pembelajaran daring di MTsN 9 Kediri. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam perencanaan pembentukan karakter siswa melalui metode pembelajaran daring di MTsN 9 Kediri? (2) bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam pelaksanaan pembentukan karakter siswa melalui metode pembelajaran daring di MTsN 9 Kediri? (3) bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam mengevaluasi pembentukan karakter siswa melalui metode pembelajaran daring di MTsN 9 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru akidah akhlak MTsN 9 Kediri, waka kurikulum MTsN 9 Kediri, kepala MTsN 9 Kediri serta beberapa siswa MTsN 9 Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang disertai dengan analisis data dan pengecekan keabsahan data dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi guru akidah akhlak dalam perencanaan pembentukan karakter siswa melalui metode pembelajaran daring di MTsN 9 Kediri dilakukan dengan membuat kurikulum darurat dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran daring. (2) Strategi guru akidah akhlak dalam pelaksanaan pembentukan karakter siswa melalui metode pembelajaran daring di MTsN 9 Kediri yaitu melalui metode pendekatan Al-Quran agar siswa berkarakter gemar membaca, metode pembiasaan sholat dhuha agar siswa berkarakter religius, metode keteladanan dari guru secara online dengan membagikan materi dan tugas secara tepat waktu dan disiplin agar siswa berkarakter disiplin, serta aktif mengingatkan dan memotivasi siswa untuk rajin beribadah dan belajar agar siswa berkarakter tanggung jawab. (3) Strategi guru akidah akhlak dalam mengevaluasi pembentukan karakter siswa melalui metode pembelajaran daring di MTsN 9 Kediri melalui penilaian dari tugas ketika mempelajari suatu bab dan tugas ketika materi dalam suatu bab telah selesai serta kunjungan ke rumah siswa yang kurang tertib atau home visit.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Fadan Arom Islahan
Date Deposited: 10 Aug 2021 02:06
Last Modified: 10 Aug 2021 02:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20342

Actions (login required)

View Item View Item