STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) DI MI DARUL HUDA SUMBER POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG

ISMA HUSNA LAILI MUTAFARIDHO, 12205173145 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) DI MI DARUL HUDA SUMBER POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Strategi Guru dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa melalui Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) di MI Darul Huda Sumber Pojok Ngantru Tulungagung" ini ditulis oleh Isma Husna Laili Mutafaridho, NIM. 12205173145, Pembimbing Prof. Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya model pembelajaran yang digunakan oleh guru kepada siswa di MI Darul Huda Sumber Pojok Ngantru Tulungagung yaitu Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dan melatih siswa agar dalam belajar bisa sesuai dengan pengetahuan deklaratif dan prosedural yang sistematis. Selain itu, pembelajaran langsung juga mengharuskan siswa untuk bisa memahami konsep secara utuh sehingga bisa timbul transformasi sikap dan bisa melakukan penalaran deduktif untuk mengatasi masalah sehari-hari. Dalam hal ini, peneliti akan membahas dan menggambarkan lebih dalam tentang strategi guru dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui model pembelajaran langsung (Direct Instruction) di MI Darul Huda Sumber Pojok Ngantru Tulungagung. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui model pembelajaran langsung (Direct Instruction) di MI Darul Huda Sumber Pojok Ngantru Tulungagung, (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung strategi guru dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui model pembelajaran langsung (Direct Instruction) di MI Darul Huda Sumber Pojok Ngantru Tulungagung, (3) untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui model pembelajaran langsung (Direct Instruction) di MI Darul Huda Sumber Pojok Ngantru Tulungagung. Untuk memperoleh data-data hasil penelitian, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, triangulasi (berupa sumber, metode, dan waktu), serta diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi guru dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui model pembelajaran langsung (Direct Instruction) di MI Darul Huda Sumber Pojok Ngantru Tulungagung, yaitu mengondisikan suasana kelas, mengondisikan siswa, menggunakan metode yang tepat, dan menerapkan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). (2) Faktor pendukung strategi guru dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui model pembelajaran langsung (Direct Instruction) di MI Darul Huda Sumber Pojok Ngantru Tulungagung, yaitu adanya lingkungan yang kondusif, adanya sarana dan prasarana, adanya bahan ajar pembelajaran, dan adanya media pembelajaran. (3) Faktor penghambat strategi guru dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui model pembelajaran langsung (Direct Instruction) di MI Darul Huda Sumber Pojok Ngantru Tulungagung, yaitu kurangnya kemampuan guru dalam menguasai materi pelajaran, adanya strategi pembelajaran yang kurang tepat, adanya kesulitan belajar siswa, kurangnya minat belajar siswa, kurangnya perhatian dan motivasi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173145 ISMA HUSNA LAILI MUTAFARIDHO
Date Deposited: 10 Aug 2021 06:38
Last Modified: 10 Aug 2021 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20339

Actions (login required)

View Item View Item