PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA ELEKTRONIK ANIMASI DI TK PLUS ANNIDA WATESKROYO BESUKI

KUSNUL IMANAH, 17206163066 (2021) PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA ELEKTRONIK ANIMASI DI TK PLUS ANNIDA WATESKROYO BESUKI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (42MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengenalakan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini Melalui Media Elektronik Animasi Di Tk Plus Annida Wateskroyo Besuki” ini ditulis oleh Kusnul Imanah, NIM. 17206163066, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulloh Tulungagung Pembimbing Dr. Luluk Atirotu Zahroh, M. Pd. NIP. 197110261 999032002. Penelitian dalam skripsi ini berdasarkan Konteks Peneitian, Perkembangan zaman yang serba digital dan kecerdasan anak dalam mengenal huruf hijaiyah yang sangat bagus dan prestasi yang di peroleh siswa TK Plus ANNIDA Wateskroyo Besuki pada berbagai ajang perlombaan agama. Karena guru berperan memberikan pembelajaran yang inovatif dan kreatif, maka anak tersebut mampu mengembangkan diri dalam mengenal huruf hijaiyah dengan baik. Anak bisa membaca, menulis simbol yang melambangkannya. Fokus penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan Bagaimana perencanaan pembelajaran keterampilan membaca huruf hijaiyah pada anak usia dini di TK Plus Annida?, 2) Mendiskripsikan Bagaiamana implementasi penerapan pengenalan huruf hijaiyah dengan media animasi pada anak usia dini di TK Plus Annida?, 3) Mendiskripsikan Bagamaiana evaluasi penerapan pengenalan huruf hijaiyah denga media animasi pada anak usia dini di TK Plus Annida? Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperolah berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan di interprestasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: (1)Perencanaan pembelajaran keterampilan membaca huruf hijaiyah pada anak usia dini di TK Plus Annida yaitu dengan Pembuatan perencanaan pembelajaran (RPPM,RPPH),mempersiapkan metode pembelajaran, persiapan fisik dan mental, persiapan alat dan bahan baik guru dan siswa. (2)Implementasi penerapan pengenalan huruf hijaiyah dengan media animasi pada anak usia dini di TK Plus Annida yaitu Menggunakan media pembelajaran berupa vidio animasi, Santri memperagakan atau muroja’ah secara klasikal atau individu. (3) Evaluasi penerapan pengenalan huruf hijaiyah denga media animasi pada anak usia dini di TK Plus Annida adalah Menberikan test untuk evaluasi penilaian setelah kegiatan pembelajaran, Menjaga agar mood siswa tetap terjaga dengan baik dengan menginovasi vidio animasi pembelajarannya. Kata Kunci: Media Elektronik, Animasi, Huruf Hijaiyah

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206163066 KUSNUL IMANAH
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:21
Last Modified: 13 Aug 2021 04:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20301

Actions (login required)

View Item View Item