OPTIMALISASI PERAN BUMDES DALAM PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN PENGUNJUNG SERTA DAMPAKNYA BAGI PEREKONOMIAN (Studi di Pasar Senggol BUMDes Maju Mapan Desa Bangoan Kedungwaru Tulungagung)

GREZYLIA AMANDA, 12402173112 (2021) OPTIMALISASI PERAN BUMDES DALAM PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN PENGUNJUNG SERTA DAMPAKNYA BAGI PEREKONOMIAN (Studi di Pasar Senggol BUMDes Maju Mapan Desa Bangoan Kedungwaru Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Optimalisasi Peran BUMDes dalam Pengembangan dan Peningkatan Pengunjung serta Dampaknya bagi Perekonomian (Studi Di Pasar Senggol BUMDes Maju Mapan Desa Bangoan Kedungwaru Tulungagung)” ini ditulis oleh Grezylia Amanda, NIM. 12402173112, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Islam, IAIN Tulungagung dengan Dosen Pembimbing Dr. H. Dede Nurohman , M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran BUMDes dalam mengembangkan dan meningkatkan pengunjung potensi lokal sehingga berdampak pada peningkatan kualitas perekonomian desa. Dan hal tersebut bukanlah suatu hal yang mudah. Oleh karenanya untuk mewujudkan perannnya secara maksimal diperlukan suatu strategi optimalisasi sebagai alat atau teknik untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Fokus penelitian ini adalah, (1) bagaimana optimalisasi peran BUMDes Maju Mapan pada pengembangan “Pasar Senggol” di Bangoan Kedungwaru Tulungagung?, (2) bagaimana optimaliasi peran BUMDes Maju Mapan dalam peningkatan pengunjung “Pasar Senggol” di Bangoan Kedungwaru Tulungagung ?, (3) Bagaimana dampak optimalisasi peran pengembangan dan peningkatan pengunjung “Pasar Senggol” yang dilakukan BUMDes Maju Mapan bagi peningkatan perekonomian masyarakat di desa Bangoan Kedungwaru Tulungagung ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, optimalisasi peran BUMDes dengan strategi pengembangan melalui perbaikan serta penguatan faktor internal dan eksternal serta penerapan Capacity Building yang dilakukan yaitu pengembangan human resource (SDM), strengththening organization, dan institutional reform (reformasi kelembagaan) nyatanya memberikan dampak positif bagi pihak BUMDes, pasar, dan perekonomian desa. Dan, strategi dalam peningkatan pengunjung melalui revitalisasi pasar tanpa menghilangkan khas dengan konsep 6K (Kenyamanan, Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, Kebersihan, komunikasi) serta penciptaan daya tarik juga sudah dinyatakan berhasil dan telah berdampak pada peningkatan pengunjung. Kata Kunci: Optimalisasi Peran, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Pengembangan, Peningkatan Pengunjung Pasar, Perekonomian Desa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173112 Grezylia Amanda
Date Deposited: 12 Aug 2021 08:30
Last Modified: 12 Aug 2021 08:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20286

Actions (login required)

View Item View Item