PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN PROGRAM GEOMETER’S SKETCHPAD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTsN 2 TULUNGAGUNG PADA MATERI SEGIEMPAT

DESSY SOFIA ANGGRAINI, 12204173173 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN PROGRAM GEOMETER’S SKETCHPAD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTsN 2 TULUNGAGUNG PADA MATERI SEGIEMPAT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (824kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (726kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (447kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (375kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Program Geometer’s Sketchpad terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Tulungagung Pada Materi Segiempat”, ini ditulis oleh Dessy Sofia Anggraini, NIM 12204173173. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci; Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Make A Match, Pembelajaran Kooperatif, Program Geometer’s Sketchpad,. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya peran aktif siswa dalam pembelajaran berlangsung, sebab pembelajaran yang dilakukan hanya berfokus pada guru dan siswa hanya memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru, sehingga siswa kurang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang dimilikinya dan kebanyakan siswa mendapatkan hasil belajar yang kurang dari KKM. Sehingga peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan program geometer’s sketchpad dimana nantinya siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran sehingga memungkinkan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan program geometer’s sketchpad terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTs Negeri 2 Tulungagung pada materi segiempat. 2) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan program geometer’s sketchpad terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 2 Tulungagung pada materi segiempat. 3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan program geometer’s sketchpad terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 2 Tulungagung pada materi segiempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII MTs Negeri 2 Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Sedangkan sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VII-I sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII-J sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dan metode dokumentasi. Dalam analisis peneliti menggunakan analisis data statistic uji mann whitney, uji-t dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan program geometer’s sketchpad terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTs Negeri 2 Tulungagung pada materi segiempat. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan sebesar 0,029<0,05. 2) Ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan program geometer’s sketchpad terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 2 Tulungagung pada materi segiempat. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan sebesar 0,003<0,05. 3) Ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan program geometer’s sketchpad terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 2 Tulungagung pada materi segiempat. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan sebesar 0,000<0,05

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika > Geometri
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173173 DESSY SOFIA ANGGRAINI
Date Deposited: 09 Aug 2021 03:47
Last Modified: 09 Aug 2021 03:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20277

Actions (login required)

View Item View Item