PENERAPAN METODE GABUNGAN DAN SIMA’I DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SDIT AL-ASROR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

MUHAMMAD FANI AGUSTIYAR, 12205173286 (2021) PENERAPAN METODE GABUNGAN DAN SIMA’I DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SDIT AL-ASROR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (793kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (709kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Gabungan dan Sima’i dalam Peningkatan Kemampuan Tahfidz Al-Qur’an di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Fani Agustiyar, NIM 12205173286, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung 2021, Dosen Pembimbing Mustofa, S.S.,M.Pd Kata Kunci: Penerapan Metode Gabungan dan Sima’i, Peningkatan Kemampuan Tahfidz Al-Qur’an. Penelitian skripsi ini berpijak pada metode gabungan dan sima’i, yang diterapkan dalam kelas Tahfidz Al-Qur’an. Penggunaan metode gabungan dan sima’i tersebut, yang diterapkan secara bergantian dan tersistem, menjadi progam unggulan dan wadah untuk menanamkan nilai agama serta mengembangkan kemampuan siswa. Progam tahfidz Al-Qur’an unggulan dalam bidang keagamaan dengan metode pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan dan meningkatan kemampuan tahfidz Al-Qur’an siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana tahap persiapan penerapan metode gabungan dan sima’i dalam peningkatan kemampuan Tahfidz Al-Qur’an di SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung (2) Bagaimana proses penerapan metode gabungan dan sima’i dalam peningkatan kemampuan Tahfidz Al-Qu’an di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung (3) Bagaimana evaluasi penerapan metode gabungan dan sima’i dalam peningkatan kemampuan Tahfidz Al-Qur’an di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung Tujuan penelitian dalam skripsi adalah (1) Untuk mendeskripsikan tahap persiapan penerapan metode gabungan dan sima’i dalam peningkatan kemampuan Tahfidz Al-Qur’an di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan proses penerapan metode gabungan dan sima’i dalam peningkatan kemampuan Tahfidz Al-Qur’an di SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan metode gabungan dan sima’i dalam peningkatan kemampuan Tahfidz Al-Qur’an di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomologis. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan cara (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menyimpulkan data. Hasil penelitian (1) Tahapan persiapan yang dilaksanakan sekolah meliputi tiga tahap, yaitu: Pertama, mempersiapkan kesiapan siswa. Kedua, pembimbing memberikan motivasi motivasi kepada siswa, dan Ketiga, pembimbing mempersiapkan metode yang digunakan, (2) Proses penerapan yang dilakukan pada pembelajaran Tahfidz AL-Qur’an di SDIT Al-Asror dengan menggunakan beberapa proses yaitu: pembimbing tahfidz menuliskan beberapa ayat materi hafalan di papan tulis, pembimbing membacakan ayat tersebut sesuai dengan tartil, tajwid, dan mahrajnya, siswa menirukan ayat-ayat yang dibacakan oleh pembimbing tahfidz, siswa mulai menghafalkan ayat-ayat tersebut, siswa juga menuliskan ayat-ayat tersebut di buku catatannya untuk memudahkan hafalannya, kegiatan sima’i, dan setoran hafalan, (3) Hasil penerapan metode gabungan dan sima’i di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagungini menunjukkan perkembangan program tahfidz Al-Quran yang sangat signifikan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kompetensi setiap siswa tahfidz Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173286 MUHAMMMUHAMMAD FANI AGUSTIYARD FANI AGUSTIYAR
Date Deposited: 12 Aug 2021 02:49
Last Modified: 12 Aug 2021 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20260

Actions (login required)

View Item View Item