PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDIO ANIMASI DAN WHATSAPP GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTSN 13 JOMBANG

ANIK SETYAWATI, 12204173010 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDIO ANIMASI DAN WHATSAPP GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTSN 13 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended dengan Menggunakan Media Pembelajaran Vidio Animasi dan Whatsapp Group terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII MTsN 13 Jombang” ini ditulis oleh Anik Setyawati, NIM. 12204173010, Pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Open Ended, Vidio Animasi, Whatsapp Group, Aritmatika Sosial, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya surat edaran nomor 15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19) dan penurunan hasil belajar siswa. Sehingga perlu adanya model pembelajaran dan media pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu open ended dan media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu vidio animasi dan whatsapp group. Model pembelajaran open ended lebih menenkankan pada proses belajar siswa sedangkan vidio animasi dan whatsapp group dapat dijadikan sebagai perantara dalam menyampaikan materi pembelajaran serta dapat membantu siswa memahami materi pada saat proses belajar berlangsung. Dimana kegiatan belajar mengajar dapat berjalan maksimal dan dapat meningkat hasil belajar siswa meskipun pembelajaran dilakukan di sekolah maupun di rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran open ended dengan menggunakan media pembelajaran vidio animasi terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di MTsN 13 Jombang 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran open ended dengan menggunakan media pembelajaran whatsapp group terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di MTsN 13 Jombang 3) untuk mengetahui perbedaaan hasil belajar materi aritmatika sosial kelas VII MTsN 13 Jombang yang diajarkan dengan model pembelajaran open eded menggunakan media pembelajaran vidio animasi dengan model pembelajaran open ended menggunakan whatsapp group. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen yang didesain two nonequivalent pretest-postest control group design. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling purposive. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas VII sebanyak 92 siswa sedangkan sampel yang akan diteliti yaitu kelas VII A sebanyak 24 siswa dan VII B sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes (pretest dan postest). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji pra syarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji paired samples test dan uji independet samples t test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran open ended dengan menggunakan media pembelajaran vidio animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII di MTsN 13 Jombang, pada taraf signifikan 0,000. 2) Ada pengaruh model pembelajaran open ended dengan menggunakan media pembelajaran whatsapp group terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII di MTsN 13 Jombang, pada taraf signifikan 0,000. 3) Ada perbedaaan hasil belajar materi aritmatika sosial kelas VII MTsN 13 Jombang yang diajarkan dengan model pembelajaran open eded menggunakan media pembelajaran vidio animasi dengan model pembelajaran open ended menggunakan whatsapp group, pada taraf signifikan 0,005.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173010 ANIK SETYAWATI
Date Deposited: 02 Aug 2021 04:16
Last Modified: 08 Nov 2021 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20257

Actions (login required)

View Item View Item