KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH SISWA BERDASARKAN LANGKAH BRANSFORD DAN STEIN DITINJAU DARI AQ MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII DI MTS MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG

IMAROTUL MUFIDAH, 12204173006 (2021) KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH SISWA BERDASARKAN LANGKAH BRANSFORD DAN STEIN DITINJAU DARI AQ MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII DI MTS MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (925kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Kemampuan Penyelesaian Masalah Siswa Berdasarkan Langkah Bransford dan Stein Ditinjau dari AQ Materi Garis dan Sudut Kelas VII di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Imarotul Mufidah, NIM. 12204173006. Pembimbing: Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Penyelesaian Masalah, Bransford dan Stein, AQ Kemampuan penyelesaian masalah merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika. Siswa bisa dikatakan mampu ketika mereka dapat memenuhi langkah penyelesaian masalah dengan baik seperti langkah-langkah penyelesaian masalah yang telah dikemukakan oleh Bransford dan Stein. Selama proses penyelesaian masalah berlangsung, selalu ada kendala yang akan dihadapi siswa misalkan kendala dalam memahami soal, kendala memilih cara yang akan digunakan, dll. Dalam menghadapi kendala tersebut siswa harus memiliki kemampuan untuk tetap bertahan dan akhirnya mampu mendapatkan penyelesaian masalah yang tepat. Kemampuan ini disebut sebagai Adversity Quotient. Dalam Adversity Quotient manusia dikelompokkan menjadi 3 yakni : Quitters, Campers, dan Climbers. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan tentang kemampuan penyelesaian masalah berdasarkan langkah Bransford dan Stein ditinjau dari AQ tipe Quitters materi garis dan sudut siswa kelas VII di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung, 2)Untuk mendiskripsikan tentang kemampuan penyelesaian masalah berdasarkan langkah Bransford dan Stein ditinjau dari AQ tipe Campers materi garis dan sudut siswa kelas VII di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung 3) Untuk mendiskripsikan tentang kemampuan penyelesaian masalah berdasarkan langkah Bransford dan Stein ditinjau dari AQ tipe Climbers materi garis dan sudut siswa kelas VII di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah study kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, dan angket ARP. Subjek yang digunakan pada penelitian ini ada 6 subjek dari kelas VII-B di Mts Miftahul Huda Ngunut Tulungagung yakni 2 siswa Quitters, 2 siswa tipe Campers, dan 2 siswa tipe Climbers. Analisis data penelitian menggunakan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kemampuan penyelesaian masalah siswa yang bertipe Quitters dalam menyelesaikan soal matematika hanya memenuhi 1 indikator yakni : mengidentifikasi masalah. 2) Kemampuan penyelesaian masalah siswa yang bertipe Campers dalam menyelesaikan soal matematika memenuhi 2 indikator yakni : mampu mengidentifikasi masalah dan menentukan tujuan dari masalah. 3) Kemampuan penyelesaian masalah siswa yang bertipe Climbers dalam menyelesaikan soal matematika memenuhi semua indikator yakni: mengidentifikasi masalah, menentukan tujuan dari masalah, menggali solusi, melaksanakan strategi, dan mengkaji ulang serta mengevaluasi dampak dari pengaruh.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: imarotul mufidah
Date Deposited: 02 Aug 2021 04:51
Last Modified: 02 Aug 2021 04:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20255

Actions (login required)

View Item View Item