PENGGUNAAN ANDROID DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

LAILIYA LUTHFIYAH CHOIR, 12205173084 (2021) PENGGUNAAN ANDROID DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penggunaan Android dalam Pembelajaran Jarak Jauh di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Lailiya Luthfiyah Choir, NIM. 12205173084, pembimbing Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Penggunaan Android, Pembelajaran Jarak Jauh. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi penyebaran virus SARS-CoV-2 dengan nama penyakit COVID-19, membuat pemerintah Indonesia melahirkan kebijakan physical distancing (jaga jarak fisik) untuk mencegah terjadinya perluasan penyebaran virus. Lahirnya kebijakan tersebut menjadi sebab Mendikbud menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) yang berisi bahwa Lembaga Pendidikan menerapkan physical distancing dengan melakukan pembelajaran secara daring atau pembelajaran jarak jauh. MI Hidayatul Mubtadiin merupakan salah satu lembaga yang menerapkan pembelajaran jarak jauh untuk setiap jenjang kelas dengan memanfaatkan teknologi android sebagai alat dan media pembelajarannya. Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah manajemen kurikulum penggunaan android dalam pembelajaran jarak jauh di MI Hidayatul Mubtadiin. Dari fokus tersebut timbulah pertanyaan penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana perencanaan penggunaan android dalam pembelajaran jarak jauh di MI Hidayatul Mubtadiin? (2) Bagaimana pelaksanaan penggunaan android dalam pembelajaran jarak jauh di MI Hidayatul Mubtadiin? (3) Bagaimana faktor penghambat penggunaan android dalam pembelajaran jarak jauh di MI Hidayatul Mubtadiin?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan android dalam pembelajaran jarak jauh terkait dengan persiapan, pelaksanaan, dan faktor penghambat yang di alami di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, pengisian angket, dan dokumentasi, serta penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, paparan data, dan verifikasi serta pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber, trianggulasi waktu, dan trianggulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan membuat grup whatsapp, mengadakan sosialisasi untuk wali murid, dan pembuatan RPP daring. (2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan aplikasi whatsapp, zoom, google classroom, google form, dan youtube dengan penyampaian materi menggunakan media video, gambar, dan voicenote. Pemantauan belajar dilakukan dengan mengirimkan foto proses belajar pada grup kelas, penggunaan videocall secara tiba-tiba, hingga pemberian tugas yang bersifat option kemudian tugas tersebut dikumpulkan ke sekolah setiap satu minggu sekali. (3) Faktor penghambat pembelajaran berupa kurangnya pemahaman siswa, kurangnya motivasi belajar siswa di rumah, keadaan orang tua yang tidak bisa selalu mendampingi belajar anak, kapasitas dari alat komunikasi yang tidak memadai, penurunan pendapatan ekonomi orang tua di masa pandemi, dan jaringan internet yang tidak stabil.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S2 12850521014 LAILIYA LUTHFIYAH CHOIR
Date Deposited: 02 Aug 2021 04:46
Last Modified: 02 Aug 2021 04:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20219

Actions (login required)

View Item View Item