PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

FITRIA SISKA MAYLINDA, 12211173036 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (648kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG” ini ditulis oleh Fitria Siska Maylinda, NIM. 12211173036, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Fisika, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dengan dosen pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci : Mind Mapping, Motivasi belajar, Hasil belajar Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh proses usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh upaya guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Karena itu dibutuhkan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran. Namun, saat ini masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran khusunya mata pelajaran IPA Fisika. Hal ini menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar dalam proses pembelajaran. Sehingga mempengaruhi hasil belajar yang kurang maksimal. Dengan variasi metode pembelajaran yang berkembang dapat digunakan untuk meninggkatkan hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru adalah metode mind mapping. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui apakah terdapat Pengaruh model Mind Mapping tehadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Fisika Di SMPN 1 Kalidawir. (2) Mengetahui apakah terdapat Pengaruh model Mind Mapping tehadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Fisika Di SMPN 1 Kalidawir. (3) Mengetahui apakah terdapat Pengaruh model Mind Mapping tehadap Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Fisika Di SMPN 1 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Kalidawir. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data adalah yang digunakan peneliti ini adalah: (1) Dokumentasi, (2) Tes, (3) Angket. Teknis analisis yang digunakan adalah uji-t dan uji MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis, pada pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan uji MANOVA, data pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar diperoleh sig. 0,002 < 0,05, data pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar IPA Fisika diperoleh sig. 0,001 < 0,05, data pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar IPA Fisika dipeoleh 0,001 < 0,05 yang hasil semuanya menunjukkan ada pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar IPA Fisika siswa kelas VIII SMPN 1 Kalidawir. Dengan meningkatkan mutu proses pembelajaran di kelas diharapkan guru menerapkan inovasi metode pembelajaran mind mapping untuk memaksimalkan kerja otak peserta didik dengan menggunakan gambar, simbol, dan warna-warna sehingga dapat membantu peserta didik mengingat dan memahami serta tidak mudah cepat bosan ketika pelaksanaan pembelajaran berlangsung khususnya mata pelajaran Fisika. Sehingga dapat tercapainya hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: S1 12211173036 FITRIA SISKA MAYLINDA
Date Deposited: 09 Aug 2021 02:33
Last Modified: 09 Aug 2021 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20213

Actions (login required)

View Item View Item