PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK (Di MA Sunan Kalijogo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri)

ERFIN OKTAFIANI, 12201173324 (2021) PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK (Di MA Sunan Kalijogo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (853kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (485kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB VI .pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (219kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Karakter Religius dalam Pembelajaran Akidah Akhlak pada Peserta Didik di MA Sunan Kalijogo Kec. Mojo Kab. Kediri” ini ditulis oleh Erfin Oktafiani Nim. 12201173324. dosen pembimbing Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahroh, S.Ag, M.Pd. Kata kunci: Karakter Religius, Jujur, Disiplin. Pendidikan karakter religius merupakan proses yang berkelanjutan dan tak pernah berakhir, sehingga mampu menghasilkan perbaikan dalam suatu kualitas yang berkesinambungan. Pembelajaran Akidah Akhlak di MA Sunan Kalijogo Kec. Mojo Kab. Kediri merupakan bagian integral dari pendidian agama Islam. Secara subtansial mata pelajaran Akidah Akhalak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengamalkan nilai-nilai keyakinan dan juga akhlakul karimah dalam kehidupan bermasyarakat. Fokus penelitiannya adalah: 1) Bagaimana penanaman karakter religius jujur dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Sunan Kalijogo Kec. Mojo Kab. Kediri? 2) Bagaimana penanaman karakter disiplin dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Sunan Kalijogo Kec. Mojo Kab. Kediri? 3) Bagaimana kendala penanaman karakter jujur dan disiplin dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Sunan Kalijogo Kec. Mojo Kab. Kediri? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penanaman karakter religius jujur dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Sunan Kalijogo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. 2) Mendeskripsikan penanaman karakter disiplin dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Sunan Kalijogo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. 3) Mendeskripsikan kendala penanaman karakter jujur dan disiplin dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Sunan Kalijogo Kec. Mojo Kab. Kediri. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru akidah akhlak yang mengajar di kelas X dan XI di MA Sunan Kalijogo Kec. Mojo Kab. Kediri. Metode pengambilan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam pengelolaan data yaitu menggunakan teknik induktif, setelah itu hasil tersebut ditarik pada suatu kesimpulan dan dilanjutkan dengan analisis data, setelah itu dilakukan pengecekan keabsahan data yang mana menggunakan cara ketekunan pengamatan terhadap cara guru Akidah Akhlak dalam menanamkan karakter religius kepada peserta didik di MA Sunan Kalijogo kKec. Mojo Kab. Kediri. Hasil penelitian ini adalah 1) Penanaman Karakter Religius dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Jujur pada peserta didik di MA Sunan Kalijogo Kec. Mojo Kab. Kediri meliputi bentuk pelaksanaan aktivitas-aktivitas yang memberikan pengawasan dalam bentuk motivasi/nasehat, memberikan tugas, pembiasaan serta jujur dalam mengerjakan ujian harian, ujian semester dan selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, memberikan pengawasan secara langsung ketika mengerjakan ujian semester maupun ujian harian. 2) Penanaman xii Karakter Religius dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Disiplin, dalam meningkatkan kedisiplinan pada peserta didik di MA Sunan Kalijogo Kec. Mojo Kab. Kediri menerapkan cara/strategi seperti pembiasaan dan pemberian motivasi. Kegiatan untuk mendisiplinkan seperti Shalat Dhuha dan Shalat Dzhur berjamaah serta membaca Al-Qur’an Pemberian motivasi juga tidak lupa selalu diterapkan oleh guru di MA Sunan Kalijogo dengan menekankan kepada proses penyampaian secara verbal atau berpusat kepada guru seperti ceramah, guru akan menjelaskan materi yang sesuai dengan kedisiplinan atau kejujuran dan mengaitkannya dengan pemberian motivasi positif. 3) Kendala penanaman karakter jujur dan disiplin dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Sunan Kalijogo Kec. Mojo Kab. Kediri yaitu kondisi sarana dan prasarana yang masih dalam perbaikan, kondisi pagar yang tidak maksimal maka siswa memanfaatkan untuk kabur dan bolos madrasah. Pergaulan teman sebaya dapat mempengaruhi pembentukan karakter Islami siswa, baik teman sebaya dalam lingkup madrasah maupun tempat tinggal atau di masyarakat. Teman itu sangat berpengaruh bagi teman yang lain, karena teman yang baik akan menghasilkan teman yang baik pula begitupun sebaliknya

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Hadist
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Sejarah Peradaban Islam
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173324 ERFIN OKTAFIANI
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:20
Last Modified: 09 Aug 2021 07:20
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/20210

Actions (login required)

View Item View Item