PEMAHAMAN KONSEP SISWA BERDASARKAN TEORI APOS PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ALFI WULANDARI, 12204173171 (2021) PEMAHAMAN KONSEP SISWA BERDASARKAN TEORI APOS PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Teori APOS pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Alfi Wulandari, NIM. 12204173171, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan , Institut Agama Islam Negeri (IAIN) , pembimbing: Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Teori Apos, Teorema Pythagoras, Minat Belajar Pemahaman konsep sangat penting dalam belajar Matematika. Hasil belajar matematika dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya tingkat pemahaman siswa terhadap konsep matematika itu sendiri. Namun temuan di lapangan menunjukkan hasil belajar matematika masih rendah. Untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman konsep siswa dalam mempelajari matematika, peneliti menggunakan teori APOS, karena teori APOS dapat digunakan sebagai alat analisis untuk mengetahui pemahaman siswa mengenai suatu konsep matematika. Salah satu topik bahasan matematika yang dapat dianalisis dengan teori APOS adalah materi Teorema Pythagoras. Banyak faktor dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep matematika, salah satunya adalah minat belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti mengadakan penelitian yang mengintegrasikan pemahaman konsep, teori APOS, dan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pemahaman konsep siswa dengan minat belajar tinggi pada materi Teorema Pythagoras berdasarkan teori APOS; (2) Mendeskripsikan pemahaman konsep siswa dengan minat belajar sedang pada materi Teorema Pythagoras berdasarkan teori APOS; dan (3) Mendeskripsikan pemahaman konsep siswa dengan minat belajar rendah pada materi Teorema Pythagoras berdasarkan teori APOS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peran peneliti dalam penelitian adalah sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket minat belajar untuk pemilihan subjek penelitian, tes pemahaman konsep, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan peningkatan ketekunan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman konsep siswa pada materi Teorema Pythagoras dengan minat belajar tinggi dapat mencapai seluruh tahapan teori APOS yaitu tahap aksi, proses, objek, dan skema; (2) Pemahaman konsep siswa dengan minat belajar sedang pada materi Teorema Pythagoras dapat mencapai tahap aksi, proses, dan objek, sedangkan tahap skema belum tercapai dengan maksimal; dan (3) Pemahaman konsep siswa dengan minat belajar rendah pada materi Teorema Pythagoras belum mampu mencapai tahap proses, objek, dan skema, subjek hanya mencapai tahap aksi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173171 ALFI WULANDARI
Date Deposited: 02 Aug 2021 03:07
Last Modified: 02 Nov 2021 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20185

Actions (login required)

View Item View Item