MA’RIFATUL AINIA, 12211173014 (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN TIPE SOAL HOTS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTs PUTRA PUTRI SIMO KARANGGENENG LAMONGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (770kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (555kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (574kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (891kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (578kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (378kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Fisika dengan Tipe Soal HOTS pada Materi Getaran dan Gelombang pada Kelas VIII MTs Putra Putri Simo Karanggeneng Lamongan” ini ditulis oleh Ma’rifatul Ainia, NIM 12211173014, Jurusan Tadris Fisika (TFIS), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh M. Luqman Hakim Abbas, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Problem Solving, Hasil Belajar, HOTS Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA terutama materi fisika yang masih menggunakan soal LOTS daripada soal HOTS. Hal ini disebabkan pada proses pembelajarannya masih menggunakan model pembelajaran konvensional dimana prosedur mengajarnya kurang menyertakan siswa untuk berinteraksi dan berpikiran kritis, sehingga pencapaian belajar menjadi kurang optimal. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat memecahkan masalah dengan baik, benar, efisien, dan menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan, yaitu Problem Solving. Model pembelajaran ini melibatkan proses berpikir kritis dan kemampuan dalam memecahkan masalah sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih optimal dan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar fisika dengan tipe soal HOTS pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Putra Putri Simo Karanggeneng Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Quasi-Experimental design bentuk Nonequivalent Control Group Desighn. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model pembelajaran Problem Solving sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar fisika dengan tipe soal HOTS. Populasinya adalah siswa kelas VIII MTs Putra Putri Simo Karanggeneng Lamongan yang terdiri dari 8 kelas. Teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII-C berjumlah 34 siswa dan kelas VIII-D berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes, dan dokumentasi. Uji analisis datanya menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitiannya ini dapat disimpulkan bahwa: ada pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar fisika dengan tipe soal HOTS kelas VIII di MTs Putra Putri Simo Karanggeneng Lamongan, pada taraf signifikansi sebesar 0,000 dimana hasil rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 61,32 lebih besar dari kelas kontrol yang nilanya adalah 27,03.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | S1 12211173014 MA’RIFATUL AINIA |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 02:19 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 02:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20170 |
Actions (login required)
View Item |