KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL DI KELAS VIII A MTs DARISSULAIMANIYYAH TRENGGALEK

ANA NAYLA FAIZAH, 12204173120 (2021) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL DI KELAS VIII A MTs DARISSULAIMANIYYAH TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Disposisi Matematis dalam Menyelesaikan Soal di Kelas VIII A MTs Darissulaimaniyyah Trenggalek” ini ditulis oleh Ana Nayla Faizah, NIM. 12204173120, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dengan dosen pembimbing Dra. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Disposisi Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar Kemampuan representasi matematis siswa pada umumnya masih tergolong rendah. Sedangkan, kemampuan representasi matematis merupakan salah satu unsur penting dalam proses belajar matematika. Kemampuan representasi matematis mencerminkan berbagai keterampilan siswa dalam menyelesaikan masalah. Siswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru, salah satu faktor yang mempengaruhinya yaitu disposisi matematis. Karena disposisi matematis memiliki hubungan positif dengan kemampuan representasi matematis. Penting bagi guru untuk mengetahui perkembangan kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari diposisi matematis, sehingga guru mampu menentukan strategi yang tepat dalam memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan kemampuan representasi matematis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. (2) mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki disposisi matematis sedang dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. (3) mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki disposisi matematis rendah dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa memiliki disposisi tinggi, 2 siswa memiliki diposisi sedang, 2 siswa memiliki disposisi rendah di kelas VIII A MTs Darissulaimaniyyah Trenggalek. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi mampu memenuhi indikator aspek representasi visual dan aspek representasi matematis dengan kriteria pencapaian tinggi. (2) siswa yang memiliki diposisi matematis sedang mampu memenuhi indikator aspek representasi visual dan aspek representasi matematis dengan kriteria pencapaian sedang. (3) siswa yang memiliki diposisi matematis rendah belum mampu memenuhi indikator aspek representasi visual dan aspek representasi matematis dengan kriteria pencapaian rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173120 ANA NAYLA FAIZAH
Date Deposited: 30 Jul 2021 04:22
Last Modified: 30 Jul 2021 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20167

Actions (login required)

View Item View Item