PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 REJOTANGAN

NADHIFATUL FAJAR, 12204173152 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (702kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (497kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Etnomatematika terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Rejotangan” ini ditulis oleh Nadhifatul Fajar, NIM 12204173152, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, IAIN Tulungagung. Dibimbing oleh Musrikah, S. Pd. I., M. Pd. Kata Kunci : Media Video Pembelajaran Etnomatematika, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh asumsi negatif yang dimiliki peserta didik mengenai pelajaran matematika sehingga menimbulkan rendahnya minat belajar matematika yang berdampak pada hasil belajar kognitifnya serta kurangnya inovasi dalam pembelajaran khususnya pada penggunaan media pembelajaran. Media video etnomatematika ini merupakan salah satu media pembelajaran yang dirasa dapat membantu dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik dengan pendekatannya yang menggunakan budaya lokal yaitu motif batik Tulungagung. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran etnomatematika terhadap minat belajar peserta didik kelas XI di SMAN 1 Rejotangan, (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran etnomatematika terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAN 1 Rejotangan, (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran etnomatematika terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAN 1 Rejotangan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah pesserta didik kelas XI di SMAN Rejotangan tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan adalah dua kelas, yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol, dengan teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran etnomatematika terhadap minat belajar peserta didik kelas XI di SMAN 1 Rejotangan dengan nilai Sig. ( 2 tailed) atau p-value =0,02/2=0,01. (2) Terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran etnomatematika terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAN 1 Rejotangan dengan nilai Sig. ( 2 tailed) atau p-value =0,028/2=0,014. (3)Terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran etnomatematika terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAN 1 Rejotangan dengan nilai Sig. sebesar 0,043.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173152 NADHIFATUL FAJAR
Date Deposited: 30 Jul 2021 03:09
Last Modified: 30 Jul 2021 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20150

Actions (login required)

View Item View Item