PENGARUH E-LEARNING DAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PAI IAIN TULUNGAGUNG

PUTRI HABIBILLAH, 12201173166 (2021) PENGARUH E-LEARNING DAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PAI IAIN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (249kB)

Abstract

Putri Habibillah, NIM. 12201173166, 2021, “Pengaruh E-Learning dan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan PAI IAIN Tulungagung”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: E-Learning, Media Sosial, Motivasi Belajar Masyakarakat dunia dihadapkan pada persoalan pandemi Covid-19. Sektor kehidupan yang terdampak akibat kebijakan dalam memutus mata rantai Covid-19 adalah pendidikan. Pada studi awal diketahui bahwa mahasiswa IAIN Tulungagung memiliki permasalahan turunnya motivasi belajar saat pandemi Covid-19. Sesuai teori, masalah motivasi belajar yang rendah dapat diselesaikan dengan media pembelajaran online, seperti E-learning dan media sosial. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk menjelaskan pengaruh E-learning sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurusan PAI IAIN Tulungagung, (2) Untuk menjelaskan pengaruh media sosial sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurusan PAI IAIN Tulungagung, (3) Untuk menjelaskan pengaruh E-learning dan media sosial sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar mahassiswa Jurusan PAI IAIN Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan PAI IAIN Tulungagung Angkatan 2018-2019 yang berjumlah 476 mahasiswa. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 202 mahasiswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling jenis simple random sampling. Adapun metode pengumpulan data menggunakan angket (primer) dan dokumentasi (sekunder). Metode analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara E-learning sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurusan PAI IAIN Tulungagung yang didasarkan pada perhitungan uji regresi linier sederhana ditunjukkan dari t hitung > t tabel (7,295 > 1,97) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti H 0 ditolak dan H a diterima. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara media sosial sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurusan PAI IAIN Tulungagung yang didasarkan pada perhitungan uji regresi linier sederhana ditunjukkan dari t hitung > t tabel (7,476 > 1,97) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti H 0 ditolak dan H a diterima. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara E-learning dan media sosial sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurusan PAI IAIN Tulungagung yang didasarkan pada perhitungan uji regresi linier berganda ditunjukkan dari F hitung > F tabel (34,831 > 3,04) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti H 0 ditolak dan H a diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173166 PUTRI HABIBILLAH
Date Deposited: 30 Jul 2021 04:41
Last Modified: 30 Jul 2021 04:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20143

Actions (login required)

View Item View Item