METODE GURU DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA DI MTS IMAM AL GHOZALI TULUNGAGUNG

AKBAR BAGUS HERMAWAN, 17201163471 (2020) METODE GURU DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA DI MTS IMAM AL GHOZALI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Metode Guru Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja di MTs Imam Al Ghozali Tulungagung” ini ditulis oleh Akbar Bagus Hermawan, NIM 17201163471, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Ibu Anissatul Mufarokah, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci : Metode, Guru, Kenakalan Remaja Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena kenakalan remaja yang ternyata ada pada sekolah yang berbasis agama. Permasalahnya semakin meningkat bukan hanya dalam frekuensinya, namun yang lebih mengkhawatirkan yakni kenakalan tak hanya dilakukan antar siswa namun siswa terhadap guru. Kenakalan remaja merupakan masalah yang sangatlah penting dan menarik untuk dibahas karena siswa merupakan tumpuhan harapan bagi masa depan bangsa dan negara serta agama. Terlebih tempat penelitian ini adalah sekolah yang berbasis agama yang tentunya menginginkan lulusannya menjadi seorang yang tak hanya cerdas secara intelektual namun juga spiritual. Fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana penentuan metode pembelajaran yang digunakan guru dalam menanggulangi kenakalan remaja di MTs Imam Al Ghozali Tulungagung?, 2) Bagaimana pelaksanaan metode guru dalam menanggulangi kenakalan remaja di MTs Imam Al Ghozali Tulungagung?, 3) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung metode guru dalam menanggulangi kenakalan remaja di MTs Imam Al Ghozali Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penentuan, penerapan, faktor pengambat dan pendukung metode guru dalam menanggulangi kenakalan remaja di MTs Imam Al Ghozali Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan model Miles dan Hubberman dengan langkah reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Penelitian melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, dan tahap pelaporan. Hasil penelitian adalah: 1) Penentuan metode pembelajaran yang digunakan guru dalam menanggulangi kenakalan remaja di MTs Imam Al Ghozali Tulungagung didasarkan pada (a) Jam pelajaran / waktu, (b) kondisi siswa. 2) Pelaksanaan metode guru dalam menanggulangi kenakalan remaja di MTs Imam Al Ghozali Tulungagung adalah (a) Guru melaksanakan metode yang sesuai dengan kondisi, (b) Keaktifan guru dalam membantu masalah siswa, (c) Siswa menerima apa yang telah diberikan oleh guru, (d) Guru memberikan contoh perilaku dan tuturkata yang baik kepada siswa, (e) Dimasa pandemi guru berkoordinasi dengan orang tua mengenai kegiatan yang harus dilakukan siswa. 3) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung metode guru dalam menanggulangi kenakalan remaja di MTs Imam Al Ghozali Tulungagung adalah (a) Faktor penghambat: Anak yang tidak tinggal dengan orang tua, orang tua yang kurang peka terhadap anak, orang tua yang masih mengganggap pandemi ini sebagai situasi yang normal, siswa yang mudah putus asa, siswa yang sulit diberikan nasehat, siswa yang suka mengeluh, (b) Faktor pendukung: anak lahir dari keluarga agamis, siswa yang mudah untuk diberikan penjelasan, adanya paguyuban antara guru dan orang tua, kesadaran dari berbagai pihak sudah ada, adanya kerjasama dengan guru dengan wali murid, siswa yang menurut dengan guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi 17201163471 Akbar Bagus Hermawan
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:53
Last Modified: 28 Jul 2021 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20124

Actions (login required)

View Item View Item