NAFKAH ISTRI YANG DI POLIGAMI OLEH ORANG YANG KURANG MAMPU DARI SEGI EKONOMI DI TINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kota Blitar dan Kabupaten Blitar)

ROSITA ALAMIN, 12102173092 (2021) NAFKAH ISTRI YANG DI POLIGAMI OLEH ORANG YANG KURANG MAMPU DARI SEGI EKONOMI DI TINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kota Blitar dan Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (30MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (18MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (16MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Rosita Al Amin,12102173092, Nafkah Istri Yang Dipoligami Oleh Orang yang Kurang Mampu Dari Segi Ekonomi Ditinjau Dari Hukum Islam diKota dan Kabupaten Blitar, Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tukungagung 2021, Pembimbing: Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag. Kata Kunci: Nafkah, Poligami, Keadilan, Hukum Islam Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta seseorang yang melakukan poligami dengan keterbatasan ekonomi. Poligami yang sedikit di lakukan oleh orang di Kabupaten dan Kota Blitar karena berbagai alasan misalnya karena ingin mengikuti sunnah rosul, karena ingin memperbanyak keturunan atau karena istri pertamanya tidak bisa memberikan keturunan. Dengan berpoligami seorang suami terhindar dari perzinahan, pokok masalah tersebut selanjutnya kedalam sub masalah atau pertanyaan penelitian, yakni: 1) Bagaimana praktik perkawinan poligami? 2)nafkah istri yang dipoligami oleh orang yang kurang mampu dari segi ekonomi ditinjau dari hukum islam? 3) Bagaimana konsep keadilan nafkah bagi istri yang dipoligamimoleh orang yang kurang mampu dari segi ekonomi ditinjau dari hukum islam? Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dalam hukum islam dalam perkawinan poligami harus melahirkan keadilan segala hal,serta mewajibkan suami berlaku adil terhadap istri-istrinya tanpa membedakan istri yang satu dengan lainnya. Adil mulai dari nafkah materi, kasih sayang dan waktu karena pada hakikatnya manusia tidak bisa berlaku adil.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: S1 12102173092 ROSITA ALAMIN
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:10
Last Modified: 28 Jul 2021 03:10
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/20110

Actions (login required)

View Item View Item