PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MA AL-MA’ARIF PANGGUNG TULUNGAGUNG

JAUHAROTUN NAFISAH, 12207173033 (2021) PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MA AL-MA’ARIF PANGGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (445kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Madrasah di MA Al-Ma’arif Panggung Tulungagung” ini ditulis oleh Jauharotun Nafisah, NIM. 12207173033, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci : Manajemen, Kurikulum, Mutu Madrasah Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena rendahnya mutu pendidikan di Indonesia pada setiap jenjang pendidikan. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu adanya upaya yang maksimal dalam pengelolaan madrasah khususnya dalam bidang kurikulum. Manajemen kurikulum di MA Al-Ma’arif Panggung Tulungagung terdapat program unggulan untuk meningkatkan mutu madrasah, diantaranya program unggulan ketrampilan yang meliputi tata kecantikan rambut dan kulit, tata boga, tata busana, dan teknik pengelasan, serta program tahfidz Al-Qur’an. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu madrasah di MA Plus Ktrampilan Al-Ma’arif Panggung Tulungagung?, (2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu madrasah di MA Plus Ktrampilan Al-Ma’arif Panggung Tulungagung?, (3) Bagaimana evaluasi kurikulum dalam meningkatkan mutu madrasah di MA Plus Ktrampilan Al-Ma’arif Panggung Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan perencanaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum, dan evaluasi kurikulum di MA Al-Ma’arif Panggung Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan (1) Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, (2) Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, (3) Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, (4) Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kepercayaan (credibilitas), keteralihan (Transferability, kebergantungan (dependability), dan kepastian ( confirmability ). Hasil penelitian menunjukkan (1) Manajemen kurikulum diawali dengan kegiatan perencanaan kurikulum yang dilaksanakan pada awal tahun ajaran dengan dipimpin oleh kepala sekolah dan dibantu oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk menyusun kurikulum satu tahun kedepan dengan menggunakan hasil rapat evaluasi kurikulum sebagai bahan pertimbangan. Dalam kegitan penyusunan kurikulum dibentuk tim pengembangan kurikulum yang terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, seluruh pendidik dan tenaga kependidikan, dan komite madrasah. Kurikulum yang diterapkan selama masa pandemi ini adalah kurikulum darurat, yakni dilaksanakan dengan cara daring (online) dan luring (tatap muka). Dalam hal ini madrasah melakukan kerjasama dengan tim satgas madrasah dan tim IT supaya proses pembelajaran bisa berjalan dengan lancar dan terkondisikan sesuai peraturan protokol kesehatan. (2) Kegiatan belajar mengajar di MA Al-Ma’arif Panggung ini mempunyai khas tersendiri. Karena madrasah ini berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren, sehingga mempunyai kebiasan hidden curiculum yang bagus seperti halnya pembiasaan setiap pagi siswa dibiasakan untuk mendengar musik Islami, asmaul husna, murottal yang dioperasikan dari kantor pusat. Selain itu siswa juga dibiasakan untuk membaca surat Yasin dan berdo’a sebelum dimulai kegiatan pembelajaran.Untuk meningkatkan mutu madrasah menjadi lebih baik, terdapat program unggulan yang dimiliki MA Al-Ma’arif Panggung diantaranya program tahfidz yang wajib diikuti untuk jurusan IIK (Agama) dengan metode menghafal one day one ayat, dan program ketrampilan yang meliputi ketrampilan tata kecantikan kulit dan rambut, tata boga, tata busana, dan teknik pengelasan. (3) Pelaksanaan evaluasi kurikulumdi MA Al-Ma’arif Panggung Tulungagung dilaksanakan secara dadakan atau spontanitas, seperti rutinitas kepala madrasah dalam kesehariannya melakukan kunjungan ke setiap kelas dan memantau proses kegiatan belajar. Selain itu evaluasi juga dilaksanakan secara periodik atau terjadwal, yaitu dengan adanya supervisi guru dan evaluasi madrasah.Evaluasi pembelajaran pada siswa dilaksanakan oleh masing-masing guru mapel untuk perharinya, sedangkan untuk evaluasi secara umum madrasah melaksanakan Penilaian Tengah Semester, Penilaian Akhir Semester dan Penilaian Akhir Tahun yang dilaksanakan di kelasnya masing-masing. Untuk evaluasi kurikulum dilaksanakan oleh pengawas madrasah dari kemenag kabupaten dan Kanwil Jawa Timur.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: hara 12207173033 Jauharotun
Date Deposited: 28 Jul 2021 02:51
Last Modified: 28 Jul 2021 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20101

Actions (login required)

View Item View Item