PENGEMBANGAN MODUL BAHASA JAWA DENGAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDIOTORI, VISUAL, INTELEKTUAL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETRAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS IV MI PERWANIDA BLITAR

FEBRIAN DWI KARTIKA SARI, 12505184011 (2020) PENGEMBANGAN MODUL BAHASA JAWA DENGAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDIOTORI, VISUAL, INTELEKTUAL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETRAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS IV MI PERWANIDA BLITAR. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan Modul Bahasa Jawa dengan Pendekatan SAVI (Somatis, Audiotori, Visual, Intelektual) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Ketrampilan Berbicara Peserta Didik Kelas IV MI Perwanida Blitar” ini ditulis oleh Febrian Dwi Kartika Sari, NIM. 12505184011 dengan Dosen Pembimbing Prof. Dr. Mohamad Jazeri, M. Pd, dan Dr. Hj. Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd.I Kata Kunci: Pengembangan Modul , Pendekatan SAVI, Hasil Belajar, Ketrampilan Berbicara Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya variasi modul pembelajaran bahasa Jawa yang digunakan di tingkat MI/SD. Modul pembelajaran memiliki peran yang cukup penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar. Kehadiran modul dalam proses pembelajaran akan membantu peserta didik dalam memahami materi ajar. Selama ini, modul yang sering digunakan hanya bertujuan untuk aspek pengetahuan tanpa melibatkan keseluruhan aspek. Hal inilah yang membuat peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran berupa modul bahasa Jawa dengan pendekatan SAVI (Somatis, Audiotori, Visual dan Intelektua) sebagai variasi modul pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Jawa. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana desain pengembangan modul Bahasa Jawa dengan pendekatan SAVI di MI Perwanida Blitar? (2) Bagaimana kelayakan penggunaan modul Bahasa Jawa dengan pendekatan SAVI di MI Perwanida Blitar? (3) Bagaimana pengaruh modul Bahasa Jawa dengan pendekatan SAVI terhadap hasil belajar dan ketrampilan berbicara diterapkan di MI Perwanida Blitar? Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan milik Borg and Gall. Peneliti mencukupkan langkah penelitian ini sampai pada tahap ke tujuh. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan pada peserta didik kelas IV MI Perwanida Blitar. Produk yang dikembangkan adalah modul bahasa Jawa dengan pendekatan SAVI yang akan diuji kelayakannya dengan instrumen angket ahli media dan ahli materi. Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah uji-t dengan bantuan software SPSS for windows versi 16.0. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) pengembangan modul bahasa Jawa dimulai dengan menentukan materi yang akan digunakan. Selanjutnya, kompetensi dasar dijabarkan menjadi indikator yang nantinya akan dijadikan acuan dalam membuat tujuan pembelajaran dalam setiap awal bab. Untuk mempermudah proses penyusunan modul, peneliti menggunakan Ms. Word. Aplikasi Inkscape, PicArt, dan Corel Draw Selanjutnya, peneliti menambahkan gambar-gambar yang disesuaikan dengan materi ajar. (2) Modul bahasa Jawa dengan pendekatan SAVI ini layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar dan ketrampilan berbicara. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji kelayakan oleh ahli media dan materi. (3) Ada pengaruh yang signifikan modul bahasa Jawa dengan Pendekatan SAVI terhadap Hasil Belajar dan Ketrampilan Berbicara. Hal ini didasarkan pada data hasil uji-t hasil belajar yang mana didapat nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dan untuk ketrampilan berbicara sig.(2tailed) sebesar 0,043 < 0,05. Hasil dari uji Multivariate menunjukkan bahwa harga F untuk Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root pada kelompok memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dan 0,043 < 0,05. Artinya harga F untuk Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root semuanya signifikan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Studi Islam
Depositing User: S2 12505184011 Febrian Dwi Kartika Sari
Date Deposited: 19 Jul 2021 02:06
Last Modified: 19 Jul 2021 02:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20029

Actions (login required)

View Item View Item