GAYA KEPEMIMPINAN DAN UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTsN 5 TRENGGALEK

KHOLIFATUL MAIDAH, 12207173082 (2021) GAYA KEPEMIMPINAN DAN UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTsN 5 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Gaya Kepemimpinan dan Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Negeri 5 Trenggalek, ini ditulis oleh Kholifatul Maidah, NIM 12207173082. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag, M.Pd, NIP. 19760518 200701 2 021. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kepala Madrasah, dan Kinerja Guru Keberhasilan pendidikan di madrasah ditentukan oleh keberhasilan kepala madrasah dalam menjalankan fungsi kepemimpinannya dalam mengelola tenaga pendidik dan elemen-elemen lainnya. Dalam menentukan kualitas pendidikan salah satunya dapat dilakukan kepala madrasah yaitu dengan peningkatan kinerja guru. . Guru merupakan ujung tombak dalam sebuah perubahan. Dengan adanya guru, diharapkan dapat menghasilkan suatu generasi yang tangguh, cerdas, dan kreatif. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 5 Trenggalek? 2) Bagaimana Upaya-upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 5 Trenggalek? 3) Bagaimana Kendala dan Solusi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 5 Trenggalek? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 5 Trenggalek 2) Untuk mengetahui upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 5 Trenggalek 3) Untuk mengetahui kendala dan solusi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 5 Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan pola interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajekan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 5 Trenggalek adalah gaya kepemimpinan demokratis dan gaya kepemimpinan kharismatik. Kedua, upayaupaya kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 5 Trenggalek diantaranya memberikan teladan/uswah, memberikan motivasi, memberikan penghargaan, mengikutsertakan guru dalam kegiatan pembinaan berupa workshop, seminar, MGMP, dan melakukan supervisi. Ketiga, kendala dan solusi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 5 Trenggalek. Kendala dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 5 Trenggalek bersifat keilmuan dan ada juga yang bersifat keterampilan. Bersifat keilmuan seperti beberapa guru-guru yang belum bisa dan lancar dalam membaca Al-Qur’an, metodologi pembelajaran, dan profesionalisme guru. Sedangkan kendala yang berupa keterampilan seperti keterampilan dalam penggunaan IT atau komputer. Solusi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 5 Trenggalek yang bersifat keilmuan yaitu mendatangkan guru atau seorang ustadz dan mengikutsertakan guru dalam MGMP. Sedangkan solusi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 5 Trenggalek yang bersifat keterampilan yaitu dengan memberikan punishment berupa pengurangan jam mengajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 12207173082 KHOLIFATUL MAIDAH
Date Deposited: 16 Jul 2021 03:45
Last Modified: 16 Jul 2021 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20022

Actions (login required)

View Item View Item