IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL AZHAAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

ANISA RAHMAWATI HERLAMBANG, 17201163064 (2020) IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL AZHAAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (665kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Yanbu‟a dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an di Pondok Pesantren putri Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung” disusun oleh Anisa Rahmawati Herlambang, NIM. 17201163064, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang mengambil penelitian di Pondok Pesantren putri Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung, sebagai tugas akhir program sarjana strata satu (S1) dengan dosen pembimbing Nuryani, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci : Metode Yanbu’a, Membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya anak-anak yang kurang tertarik oleh pembelajaran Al-Qur‟an dan belum mampu membaca Al Qur‟an dan menulis huruf hijaiyyah dengan baik. Walaupun memiliki kemampuan membaca Al-Qur‟an, namun belum sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrojnya yang benar. Hal tersebut tidak hanya dialami oleh para santri/pelajar, namun dari berbagai kalangan, dari usia anak-anak, remaja, dewasa bahkan lanjut usia. Dihadapkan dengan permasalahan tersebut terdapat pembelajaran metode Yanbu‟a sebagai upaya dari belajar membaca Al-Qur‟an sesuai dengan kaidah tajwid yang benar serta disesuaikan pada tingkat kemampuan masing-masing santri/pelajar. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan metode Yanbu‟a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di Pondok Pesantren putri Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung (2) Bagaimana penerapan metode Yanbu‟a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur‟an di Pondok Pesantren putri Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung (3) Bagaimana evaluasi metode Yanbu‟a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di Pondok Pesantren putri Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung Tujuan penulisan dalam skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui perencanaan metode Yanbu‟a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur‟an di Pondok Pesantren putri Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung. (2) Untuk mengetahui penerapan metode Yanbu‟a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di Pondok Pesantren putri Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung. (3) Untuk mengetahui evaluasi metode Yanbu‟a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di Pondok Pesantren putri Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Perencanaan metode Yanbu‟a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di Pondok Pesantren putri Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung yaitu dengan mengklasifikasikansiswa/santri untuk memasuki jilid sesuai dengan kemampuan masing-masing santri. Hal tersebut berguna agar siswa dapat belajar sesuai kemampuan yang dimiliki, selain itu memilih asatidz pendamping Al-Qur‟an yang disesuaikan dengan kemampuan asatidz tersebut dan benar-benar mampu mengajar pada jilid yang akan diajarkan, serta selalu mengadakan program evaluasi pada pembelajarannya. (2) Penerapan metode Yanbu‟a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di Pondok Pesantren putri Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung yaitu penyampaian materi menggunakan teknik klasikal, baca simak klasikal, dan sorogan individual. Menerapkan hafalan surah pendek dan surah pilihan sesuai target setiap jilid dan menerapkan lalaran surah pendek secara klasikal disetiap akhir pelajaran. (3) Evaluasi metode Yanbu‟a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di Pondok Pesantren putri Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung yaitu dengan pemberian ujian kenaikan halaman yang dilakukan diakhir pelajaran, ujian acak yang dilakukan sebagai syarat ujian kenaikan jilid, ujian kenaikan jilid yang dilakukan apabila santri sudah selesai dan menguasai jilid yang akan diujikan dan ujian dari cabang LMY (Lajnah Muroqobah Yanbu‟a) apabila santri sudah khatam semua materi Yanbu‟a.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163064 ANISA RAHMAWATI HERLAMBANG
Date Deposited: 12 Aug 2021 07:28
Last Modified: 12 Aug 2021 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20015

Actions (login required)

View Item View Item