PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP AL KAMAL KUNIR

AHMAD, MINANNUR ROHIM (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP AL KAMAL KUNIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
iain-ta-st-1571161016-305-1-cover.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
iain-ta-st-1571161016-305-2-babi.pdf

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
iain-ta-st-1571161016-305-3-babii.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
iain-ta-st-1571161016-305-4-babiii.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
iain-ta-st-1571161016-305-5-babiv.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
iain-ta-st-1571161016-305-6-babv.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Keabstrakan materi matematika menyebabkan banyak peserta didik yang kesulitan memahami materi matematika. Salah satu materi pelajaran matematika yang bersifat abstrak adalah geometri ruang. Kesulitan tersebut mengakibatkan ketidakmampuan peserta didik untuk menyerap dan memhami konsep geometri dengan baik akibatnya hasil belajar yang mereka dapatkan tidak maksimal apalagi hal ini diperparah dengan adanya asumsi bahwa pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan tidak menarik bagi peserta didik. Berdasarkan fenomena tersebut dalam proses pembelajaran diperlukan yang tepat, salah satunya adalah Realistic Mathematics Education (RME). yang diawali dengan sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan nyata atau hal-hal yang konkret, sehingga membuat pembelajaran lebih bermakna, menarik, aktif dan inovatif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana hasil pengembangan bahan ajar pada pembelajaran matematika melalui realistik pada materi bangun ruang untuk SMP? 2) Apakah bahan ajar yang dikembangkan layak berdasarkan validasi isi dan uji coba untuk digunakan sebagai bahan ajar matematika? 3) Apakah ada pengaruh pembelajaran dengan bahan ajar berbasis realistic pada materi bangun ruang sisi datar terhadap hasil belajar peserta didik? Pengembangan Bahan Ajar matematika ini menggunakan model yang dikembangkan dan diadopsi oleh Borg & Gall. Prosedur pengembangan Bahan Ajar ini melalui tahap-tahap yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan format produl awal, 4) validasi ahli, 5) revisi produk, 6) uji skala kecil, 7) revisi produk II, dan 8) diseminasi dan implementasi. Bahan Ajar ini divalidasi oleh 2 orang dosen matematika dan seorang guru SMP yang mengampu pelajaran matematika. Produk pengembangan Bahan Ajar yang sudah siap diuji cobakan ke peserta didik SMP Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar. Berdasarkan hasil validasi Bahan Ajar pembelajaran matematika melalui Realistic Mathematics Education (RME) pada materi bangun ruang sisi datar yang dikembangkan secara keseluruhan diperoleh presentase (P) total 82,8 % dengan kriteria valid ( tidak perlu revisi). Berdasarkan pada hasil belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 62,89 dan kelas eksperimen sebesar 71 dengan selisih rata-rata 8,11, dengan t empirik (te) sebesar 2,191 dibandingkan dengan t teoritik (tt) dengan db = 54 pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai yang mendekati yaitu 2,000. Maka dapat dapat dibandingkan te (2,191) ˃ tt (2,000) sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai t empiric lebih besar daripada t teoritik. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran yang menggunakan Bahan Ajar melalui realistic mathematics terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini. Berdasarkan analisis pengembangan, bahan ajar Bahan Ajar matematika ini dinyatakan valid dan praktis. Dengan demikian Bahan Ajar yang telah dikembangkan ini layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar untuk SMP/MTs. Namun walaupun Bahan Ajar yang dikembangkan ini dinyatakan valid dan praktis tetapi sebagai penyempurnaan terdapat revisi yang dilakukan oleh penyusun berdasarkan saran, tanggapan, dan kritik dari validator (dosen dan guru). Mengacu dari hasil penelitian tersebut dapat diajukan beberapa saran, yaitu: (1) Bagi guru bidang studi matematika bisa menerapkan Bahan Ajar matematika ini pada peserta didik SMP/ MTs ppada bangun ruang sisi datar guna meningkatkan hasil belajar . (2) Hendaknya peserta didik dapat meningkatkan belajarnya dengan semangat yang tinggi demi tercapainya hasil belajar yang maksimal. (3) Diharapkan bagi pengembang lain dapat mengembangkan produk lainnya yang berkaitan dengan bahan ajar. Sehingga pengembangan lebih kreatif dan muncul produk-produk baru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 25 Sep 2014 09:41
Last Modified: 25 Sep 2014 09:41
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/2

Actions (login required)

View Item View Item