PENGARUH MODELS ELICITING ACTIVITIES (MEAs) BERBANTUAN FITUR TRIGGER POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII DI SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG

RIFQI FARIKHATUL ISNA, 12204173021 (2021) PENGARUH MODELS ELICITING ACTIVITIES (MEAs) BERBANTUAN FITUR TRIGGER POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII DI SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (209kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (686kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (457kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Models Eliciting Activities (MEAs) berbantuan Fitur Trigger PowerPoint terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Aritmetika Sosial Kelas VII di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung” ini ditulis oleh Rifqi Farikhatul Isna, NIM. 12204173021, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dosen pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Models Eliciting Activities (MEAs), Fitur Trigger PowerPoint, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya peran aktif siswa dalam proses pembelajaran matematika, mereka cenderung merasa bosan dan kesulitan memahami pelajaran matematika yang bersifat abstrak. Hal tersebut menyebabkan suasana pembelajaran menjadi kurang bermakna yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa, Models Eliciting Activities mampu mengatasi hal tersebut. Didukung dengan menggunakan fitur trigger PowerPoint yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih aktif, inovatif, efektif, dan menyenangkan sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh Models Eliciting Activities (MEAs) berbantuan fitur trigger PowerPoint terhadap hasil belajar matematika materi aritmetika sosial kelas VII di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung, 2) Untuk mengetahui besar pengaruh Models Eliciting Activities (MEAs) berbantuan fitur trigger PowerPoint terhadap hasil belajar matematika materi aritmetika sosial kelas VII di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen sedangkan rancangan penelitian ini menggunakan The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII D1 sebagai kelas eksperimen dengan Models Eliciting Activities berbantuan fitur trigger PowerPoint dan kelas VII D2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Mata Pelajaran yang diteliti adalah materi aritmetika sosial. Adapun teknik pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Tes, (2) Dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji t dengan bantuan SPSS 25.0. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh Models Eliciting Activities (MEAs) berbantuan fitur trigger PowerPoint terhadap hasil belajar matematika materi aritmetika sosial kelas VII di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Hal ini dibuktikan dari nilai t_hitung>t_tabel pada uji hipotesis menunjukkan nilai 5,157> 1,677 yang berarti H_a diterima. (2) Besar pengaruh Models Eliciting Activities (MEAs) berbantuan fitur trigger PowerPoint terhadap hasil belajar matematika materi aritmetika sosial kelas VII di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung lebih besar dari 25%, dengan berdasarkan perhitungan nilai effect size (d) = 1,488 interpretasi pada tabel Cohen's menyatakan presentase pengaruh sebesar 91,9%, dimana pada tabel Cohen’s Standart berada pada golongan Large. Hal tersebut menunjukkan bahwa Models Eliciting Activities (MEAs) berbantuan fitur trigger PowerPoint sangat berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi aritmetika sosial kelas VII di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173021 Rifqi Farikhatul Isna
Date Deposited: 14 Jul 2021 01:58
Last Modified: 14 Jul 2021 01:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19992

Actions (login required)

View Item View Item