PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII DI SMP NABAWI MAFTAHUL ULUM BLITAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NURIKAH CHOIRUNNISAH, 12204173137 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII DI SMP NABAWI MAFTAHUL ULUM BLITAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII di SMP Nabawi Maftahul Ulum Blitar Tahun Pelajaran 2020/2021” ditulis oleh Nurikah Choirunnisah, NIM 12204173137, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh M. Kes,Ph. D Kata Kunci : model pembelajaran Concept Attainment, kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep Matematika dalam kehidupan sehari-hari penting. Peserta didik harus memiliki kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep dalam pemecahan masalah. Terlihat pada observai pada bulan November 2021 di SMP Nabawi Maftahul Ulum Blitar. Karena peserta didik tidak menunjukkan sikap saat di dalam kelas dan menyelsaikan soal yang sesuai indikator-indikator kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep. Pemilihanan penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat menjadi faktor keberhasilan pembentukan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep. Dengan model pembelajaran yang diterapkan diharapkan mampu membentuk dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat memfasilitasi proses berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran Concept Attainment. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII di SMP Nabawi Maftahul Ulum Blitar tahun pelajaran 2020/2021. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap pemahaman konsep pada materi aritmatika sosial di SMP Nabawi Maftahul Ulum Blitar tahun pelajaran 2020/2021. 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap hubungan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep pada materi aritmatika sosial kelas VII di SMP Nabawi Maftahul Ulum Blitar tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penlitiannya Quasi eksperimental design. Yang memiliki kelas kontrol dan kelas eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Concept Attainment dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik penentuannya sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel yang digunakan yaitu klas VII-B yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII –A sejumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa nilai tes kemampuan berpikir kritis dan tes pemahaman konsep. Teknik analisis data yang digunakan yakni Independent sample T-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menentukan 1) Adanya pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi aritmatika sosial kelas VII di SMP Nabawi Maftahul Ulum Blitar. 2) Ada pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap pemahaman konsep pada materi aritmatika sosial kelas VII di SMP Nabawi Maftahul Uluum Blitar. 3) Ada pengaruh signifikansi pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep pada materi aritmatika sosial kelas VII di SMP Nabawi Maftahul Uluum Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173137 NURIKAH CHOIRUNNISAH
Date Deposited: 14 Jul 2021 02:35
Last Modified: 14 Jul 2021 02:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19988

Actions (login required)

View Item View Item