STRATEGI PENDIDIKAN ISLAM TRANSFORMATIF (Studi Kasus di Ponpes Rakyat al-Amin Sumberpucung Malang)

YAUMA BAHRU ISNAINI, 12506184053 (2021) STRATEGI PENDIDIKAN ISLAM TRANSFORMATIF (Studi Kasus di Ponpes Rakyat al-Amin Sumberpucung Malang). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (812kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)

Abstract

ABSTRAK Yauma Bahru Isnaini, 2020 “Strategi Pendidikan Islam Transformatif di Pesantren Rakyat al-Amin Sumberpucung Malang”. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pascasarjana, IAIN Tulungagung. Pembimbing : (1) Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag, (2) Dr. Ngainun Naim, M.H.I. Kata kunci : Strategi, Pendidikan Islam Transformatif Penelitian tesis ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di Pondok Pesantren Rakyat al-Amin Sumberpucung Malang. Pesantren Rakyat al-Amin adalah salah satu pondok salaf yang berada di Sumberpucung Malang. Meski tergolong pondok pesantren salaf, namun metode pembelajaran yang diterapkan berbeda dengan pondok pesantren salaf lainnya. Selain menekankan pada kajian kitab-kitab klasik, pesantren ini juga menyuguhkan metode pendidikan yang unik dan menarik. Metode pendidikan yang diterapkan berorientasi pada pendidikan transformatif dengan mengenalkan pada dunia teknologi informasi, literasi dan bertani. Berdasarkan hal tersebut, fokus tesis ini adalah : 1) Apa saja metode pendidikan Islam transformatif di Pesantren Rakyat al-Amin Sumberpucung Malang? 2) Bagaimana penerapan metode pendidikan Islam transformatif di Pesantren Rakyat al-Amin Sumberpucung Malang? 3) Bagaimana hasil penerapan metode pendidikan Islam transformatif di Pesantren Rakyat al-Amin Sumberpucung Malang?. Mendasari fokus penelitian tersebut maka tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan metode pendidikan Islam transformatif di Pesantren Rakyat al-Amin Sumberpucung Malang, (2) mendeskripsikan penerapan metode pendidikan Islam transformatif di Pesantren Rakyat al-Amin Sumberpucung Malang, (3) mendeskripsikan penerapan metode pendidikan Islam transformatif di Pesantren Rakyat al-Amin Sumberpucung Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan data kasus individu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dengan cara triangulasi, perpanjangan penelitian, diskusi sejawat dan review informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode pendidikan yang diterapkan di Pesantren Rakyat al-Amin adalah jagong maton, ngaji nglurug, celengan, lumbung pesantren, fatihaan. (2) Penerapan metode pendidikan di Pesantren Rakyat al-Amin adalah jagong maton, ngaji nglurug, celengan, lumbung pesantren, fatihaan, bandongan. (3) Hasil penerapan metode pendidikan di Pesantren Rakyat al-Amin yaitu jagong maton bisa menyemayamkan karakter, nilai moral, menghargai pemikiran dan pandangan orang lain. Ngaji nglurug dapat menambah ilmu dan menyambung tali silaturahmi. Celengan membiasakan santri untuk hidup hemat mulai sejak dini. Lumbung pesantren menjadikan santri memiliki ketrampilan dalam bidang bercocok tanam. Fatihaan membuat hati menjadi tenang dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506184053 YAUMA BAHRU ISNAINI
Date Deposited: 09 Jul 2021 03:23
Last Modified: 09 Jul 2021 03:23
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/19973

Actions (login required)

View Item View Item