PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN KELAS VIII SMP PLUS AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH TULUNGAGUNG

SAPUTRI YUFEN, 17208163101 (2020) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN KELAS VIII SMP PLUS AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skirpsi dengan judul “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas VIII SMP Plus Al Irsyad Al Islamiyyah Tulungagung” ini ditulis oleh Saputri Yufen, Jurusan Tadris Biologi, NIM 17208163101, dibimbing oleh M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Model Project Based Learning (PjBL), Keterampilan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Pembelajaran biologi masih banyak materi sulit karena masih bersifat abstrak. Peneliti memberikan melalui pembelajaran berbasis proyek. Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat diterapkan pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, dikarenakan dapat dikaji secara nyata. Hasil belajar siswa kelas VIII SMP Plus Al Irsyad Al Islamiyyah Tulungagung masihdapat dikatakan rendah KKM, dilihat dari kriteria dan skala penilaian di SMP Plus Al Irsyad Al Islamiyah Tulungagung sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. Oleh karena itu, dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dan akan meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini: 1.Memahami pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas VIII SMP Plus Al Irsyad Al Islamiyyah Tulungagung. 2. Memahami pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas VIII SMP Plus Al Irsyad Al Islamiyyah Tulungagung. 3.Memahami hubungan antara keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas VIII SMP Plus Al Irsyad Al Islamiyyah Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design. Penelitian menggunakan dua variable, yaitu variable independent dan variable dependent. Variable independent (bebas) berupa model project based learning (PjBL) dan variable dependen (terikat) berupa keterampilan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Al Irsyad Al Islamiyah Tulungagung, pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Al Irsyad Al Islamiyah Tulungagung. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII dengan jumlah 26 siswa yang terdiri 20 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah Non-Probability Sampling yaitu teknik pengambilan sempel yang tidak memberikan peluang/kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Hasil penelitian (1) Ada pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep struktur dan jaringan tumbuhan kelas VIII SMP Plus Al Irsyad Al Islamiyyah. Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) pada uji hipotesis lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak; (2) Ada pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada konsep struktur dan jaringan tumbuhan kelas VIII SMP Plus Al Irsyad Al Islamiyyah. Tulungagung.. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) pada uji hipotesis lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak, dan (c) Ada hubungan antara keterampilan berpikir kreatif dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Plus Al Irsyad Al Islamiyyah Tulungagung. Hal ini di tunjukkan dari nilai nilai Sig. (2-tailed) keterampilan berpikir kreatif adalah 0,000 < 0,05 dan nilai sig. hasil belajar siswa adalah 0,000 < 0,05. Sehingga sesuai dengan dasar pengambilan keputusan maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Lingkungan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: S1 17208163101 SAPUTRI YUFEN
Date Deposited: 14 Jul 2021 01:51
Last Modified: 14 Jul 2021 01:51
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/19932

Actions (login required)

View Item View Item