PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN IBADAH SHALAT DHUHA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRIRTUAL PESERTA DIDIK DI MAN 3 BLITAR

FARID FAKHRUDIN, 17201163224 (2021) PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN IBADAH SHALAT DHUHA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRIRTUAL PESERTA DIDIK DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (648kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (472kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (419kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Tingkat Pemahaman Shalat Dhuha Terhadap Kecerdasan Emosional dan Spiritual Peserta Didik di MAN 3 Blitar”, ini ditulis oleh Farid Fakhrudin, NIM 17201163224. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Germino Wahyu Broto, M.Si., NIP. 19800301 201430 1 001. Kata Kunci: Tingkat Pemahaman Shalat Dhuha, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik dalam lingkup sekolah di Indonesia yang dihadapkan pada masalah moral dan akhlak yang cukup serius, yang apabila dibiarkan akan menghancurkan masa depan bangsa Indonesia sendiri. Cara mengatasinya bukan hanya dengan uang, ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi harus didampingi dengan penanganan dibidang kecerdasan emosional dan spiritualnya yang ditumbuhkan semenjak dibangku sekolah. Salah satu bidang pendidikan dan pengajaran adalah pendidikan agama Islam yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan peserta didik tentang agama Islam. Sehingga peserta didik dapat terbentuk kepribadiannya yang selaras dengan ajaran dan nilai-nilai Islam. Termasuk dalam pembentukan kecerdasan emosional dan spiritual yang seimbang serta menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dengan melaksanakan perintahNya terutama dalam peribadatan yakni sholat. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh positif antara tingkat pemahaman ibadah sholat dhuha terhadap kecerdasan emosional peserta didik di MAN 3 Blitar, 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh positif antara tingkat pemahaman ibadah sholat dhuha terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di MAN 3 Blitar. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi peserta didik kelas IIK (jurusan agama) di MAN 3 Blitar yang berjumlah 218 peserta didik. Teknik sampling dengan menggunakan purposive sampling diperoleh sampel 145 peserta didik. Variabel bebas: tingkat pemahaman ibadah shalat dhuha. Variabel terikat: kecerdasan emosional dan spiritual. Teknik pengumpulan data: angket dengan menggunakan skala, teknik analisis data: 1) uji prasyarat berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, 2) uji hipotesis berupa uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara tingkat pemahaman ibadah shalat dhuha (X) terhadap kecerdasan emosional (Y 1 ). Berdasarkan H 0 ditolak dan H a diterima karen nilai t hitung 4,144 > nilai t tabel 1,672 atau nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara tingkat pemahaman ibadah shalat dhuha (X) terhadap kecerdasan spiritual (Y 2 ). Berdasarkan H 0 ditolak dan H a diterima karen nilai t hitung 2,586 > nilai t tabel 1,672 atau nilai signifikansi 0,012 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Fiqih > Sholat
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201163224 FARID FAKHRUDIN
Date Deposited: 25 Jun 2021 02:09
Last Modified: 25 Jun 2021 02:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19844

Actions (login required)

View Item View Item