KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTSN 2 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

KIKI DEVI PERMATA SARI, 17204163099 (2020) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTSN 2 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Kiki Devi Permata Sari, NIM. 17204163099, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M. Kes., Ph.D. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah. Open Ended, Gaya Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan bahwa sebagian siswa tidak terbiasa dalam menghadapi berbagai permasalahan maupun persoalan. Selama ini, siswa dituntut untuk menghafal rumus dalam menyelesaikan masalah. Biasanya siswa menyelesaikannya dengan menggunakan satu cara. Jarang sekali seorang guru menuntut siswa untuk menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan banyak penyelesaian yang berbeda yang biasa disebut dengan open ended problem. Akibatnya, kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa tidak dapat berkembang secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tipe gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal open ended, untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tipe gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan soal open ended, untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tipe gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal open ended. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di MTsN 2 Tulungagung. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-H. Berdasarkan subjek penelitian tersebut diambil 6 siswa dari satu kelas yaitu 2 siswa gaya belajar visual, 2 siswa gaya belajar auditorial dan 2 siswa gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Siswa dengan gaya belajar visual dalam kemampuan pemecahan masalah open ended tergolong rendah, hal ini terbukti siswa dengan gaya belajar visual tidak mampu dalam semua tahapan kemampuan pemecahan masalah open ended. (2) Siswa dengan gaya belajar auditorial dalam kemampuan pemecahan masalah open ended tergolong tinggi. Hal ini terbukti bahwa siswa dengan gaya belajar auditori mampu melaksanakan semua tahapan pemecahan masalah open ended dengan baik. (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam pemecahan masalah open ended tergolong sedang, hal ini terbukti bahwa siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu melalui semua tahapan pemecahan masalah open ended dengan baik. Namun siswa dengan gaya belajar kinestetik kurang teliti dalam proses perhitungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163099 Kiki Devi Permata Sari
Date Deposited: 24 Jun 2021 06:24
Last Modified: 24 Jun 2021 06:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19826

Actions (login required)

View Item View Item