PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN DAYA TARIK PROMOSI TERHADAP MINAT DALAM MENGGUNAKAN E-MONEY (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAIN Tulungagung)

SHELFI YULIA SANTI, 17401163135 (2021) PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN DAYA TARIK PROMOSI TERHADAP MINAT DALAM MENGGUNAKAN E-MONEY (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAIN Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Dan Daya Tarik Promosi, terhadap Minat dalam Menggunakan Emoney(Studi Kasus Pada Mahasiswa Iain Tulungagung), ditulis oleh Shelfi Yulia Santi, NIM. 17401163135, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Dr.H.Mashudi,M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perkembangan teknologi dalam bidang pembayaran dari tunai beralih ke non tunai yang lebih mudah, ekonomis, dan efisien.Sehingga diciptakanlah e-money sebagai alat pembayaran yang modern oleh lembaga keuangan baik perbankan maupun fintech startup yang saat ini mulai bersaing dalam menarik minat masyarakat dalam menggunakan emoney. Penelitian ini menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Devis pada tahun 1989 untuk mengetahui faktor-faktor apasaja yang memepengaruhi minat dalam menggunakan e-money.Maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan, dan daya tarik promosi, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan, dan daya tarik promosi terhadap minat dalam menggunakan e-money. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner online. Sampel dalam penelitian ini berjulmah 392 responden yang terdiri dari Mahasiswa IAIN Tulungagung yang megetahui dan pernah menggunakan e-money sebagai media transaksi pembayaran.Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, termasuk uji t (parsial), uji F (simultan), dan koefisien determinasi ( ). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi kemanfaatan berpengaruh signifikan terhadap minat dalam menggunakan emoney, variabel persepsi kemudahan berpengaruhterhadap minat dalam menggunakan e-money, daya tarik promosi berpengaruh signifikan terhadap minat dalam menggunakan e-money, variabel persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan, dan daya tarik promosi secara simultan berpengaruh terhadap minat dalam menggunakan e-money. Berdasarkan hasil uji regreasi linier berganda diperoleh koefisien masing-masing variabel persepsi kemanfaatan (0,425), persepsi kemudahan (0,173) dan daya tarik promosi (0,340), semua berpengaruh positif terhadap minat dalam menggunakan e-money. Kata kunci : persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan, daya tarik promosi, minat dalam menggunkan e-money.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 17401163135 Shelfi Yulia Santi
Date Deposited: 24 Jun 2021 02:13
Last Modified: 24 Jun 2021 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19822

Actions (login required)

View Item View Item