PEMBELAJARAN NILAI-NILAI PROFETIK BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs Di MI Plus Sabilul Muhtadin Dan Mi Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol)

MUHAMMAD HASANUDIN, 12505184026 (2020) PEMBELAJARAN NILAI-NILAI PROFETIK BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs Di MI Plus Sabilul Muhtadin Dan Mi Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis ini dengan judul “Pembelajaran Nilai-nilai Profetik dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning dalam meningkatkan Karakter Religius peserta didik (Studi Multi Situs di MI Plus Sabilul Muhtadin dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol) “ ini di tulis oleh Muhammad Hasanudin dengan di bimbing oleh Dr. H. Elfi Mu’awanah, S.Ag., Mpd dan Dr. H. Muhammad Muntahibun Nafis, M.Ag. Kata Kunci: Nilai-nilai Profetik, Pendekatan Contextual Teaching And Learning, Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan Indonesia yang saat ini mengalami krisis moral karena kurangnya penerapan pendidikan tentang moral/akhlak dalam membentuk moral peserta didik. Dalam pendidikan Islam, pendidikan karakter merupakan pendidikan akhlak. Oleh sebab itu, perlu adanya pendidikan karakter untuk membentuk akhlak peserta didik berdasarkan konsep yang diajarkan oleh Rasulullah sebagai pendidik yang paling berhasil dan seorang yang menjadi suri tauladan bagi umat manusia. Dengan menerapkan konsep pendidikan yang diajarkan oleh Rasulullah serta meneladaninya, diharapkan dapat membentuk akhlak peserta didik. Fokus Penelitian dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimana Nilai-nilai profetik yang dilaksanakan dalam membentuk karakter religius peserta didik di MI Plus Sabilul Muhtadin dan MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol (2) Bagaimana Proses Internalisai nilai-nilai profetik dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning dalam membentuk karakter religius Peserta didik di MI Plus Sabilul Muhtadin Rejotangan dan MI HIdayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol (3) Bagaimana Dampak Pembelajaran nilai-nilai profetik dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning dalam membentuk karakter religius Peserta didik di MI Plus Sabilul Muhtadin Rejotangan dan MI HIdayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan rancangan studi Multi Situs. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Nilai-nilai Profetik dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning dalam meningkatkan Karakter Religius peserta didik di MI Plus Sabilul Muhtadin Rejotangan dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol dapat penulis simpulkan bahwa: (1) Pembelajaran Nilai-nilai profetik dalam meningkatkan karakter religius peserta didik adalah dengan menanamkan nilai-nilai kenabian yaitu fatanah, amanah, sidiq, tabligh. (2) Proses Internalisasi nilai profetik menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning dalam meningkatkan karakter religius peserta didik, adalah dengan beberapa tahap dari tahap perencanaan, pemberian pemahaman kepada peserta didik, tahap percontohan, tahap penanaman, dan tahap pembiasaan. (3) Dampak pembelajaran nilai-nilai profetik dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning dalam meningkatkan karakter religius peserta didik memberikan dampak terhadap kemandirian, kesopanan, ketaqwaan, ketaatan, dan kedisplinan peserta didik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505184026 MUHAMMAD HASANUDIN
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:39
Last Modified: 22 Jun 2021 04:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19810

Actions (login required)

View Item View Item