STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL (EMOTIONAL QUOTIENT) SISWA DI MA AL-HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR

MASROVIN DAMAYANTI, 17201163377 (2021) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL (EMOTIONAL QUOTIENT) SISWA DI MA AL-HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (367kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) Siswa di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar” ini ditulis oleh Masrovin Damayanti, NIM. 17201163377, pembimbing Hj. Indah Komsiyah, S.Ag, M.Pd. Kata kunci: Strategi Guru PAI dan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah konteks di dalam pendidikan bahwasannya, keberhasilan siswa tidak hanya ditentukan dengan kecerdasan intelektualnya saja, akan tetapi ada kecerdasan emosional yang turut andil dalam keberhasilan siswa. dalam hal ini peneliti menghubungkan dengan strategi guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional (Emotional Quotient) siswa di MA Al Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional (emotional quotient) siswa di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar? 2) Bagaimana hambatan guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional (emotional quotient) siswa di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar? 3) Bagaimana dampak strategi guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional (emotional quotient) siswa di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk pengumpulan data dalam proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi, maka dengan cara mengorganisasikan data kedalam kategori, menjabarkan kedalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun kedalam pola, memilih mana yang penting dan mana yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah difahami oleh diri sendiri maupun orang lain dengan cara menganalisis data dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verification). Berdasarkan data yang terkumpul, selanjutnya ditempuh dengan beberapa teknik keabsahan data, yang meliputi: credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Strategi yang digunakan oleh guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional (Emotional Quotient) siswa di MA Al Hikmah Langkapan Srengat Blitar adalah dengan memberikan contoh dalam mendisiplinkan diri, membiasakan siswa tepat waktu dalam melakukan ibadah-ibadah yang wajib serta memberikan motivasi melalui cerita yang ada dalam Sejarah Kebudayaan Islam. 2). Hambatan yang didapat saat guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional (Emotional Quotient) siswa di MA AL-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Hal yang terjadi disini adalah butuh waktu yang lama dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa, selain dibutuhkannya dukungan orang tua lingkungan keluarga juga seharusnya yang menjadi sumber ilmu yang pertama, komunikasi dengan wali murid yang seringkali terabaikan, serta pemilihan metode yang sesuai. 3). Dampak yang diperoleh oleh guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa (Emotional Quotient) siswa di MA AL-Hikmah Langkapan Srengat Blitar adalah siswa lebih bisa meengontrol diri sendiri dari kemalasan yang ada pada diri siswa, lebih dapat menghargai waktu dan sesama teman serta pembelajaran lebih efektif karena telah menemukan metode yang sesuai dengan yang siswa dan guru harapkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163377 MASROVIN DAMAYANTI
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:34
Last Modified: 14 Sep 2021 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19804

Actions (login required)

View Item View Item