PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, ATRIBUT PRODUK ISLAMI, RISIKO INVESTASI DAN MODAL MINIMAL TERHADAP MINAT BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Keuangan Syariah IAIN Tulungagung Angkatan 2018)

NIMAS ANIN YUHANIDA, 12406173042 (2021) PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, ATRIBUT PRODUK ISLAMI, RISIKO INVESTASI DAN MODAL MINIMAL TERHADAP MINAT BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Keuangan Syariah IAIN Tulungagung Angkatan 2018). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (931kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)

Abstract

ABSTRAK Skripi dengan judul “Pengaruh Pengetahuan Investasi, Atribut Produk Islami, Risiko Investasi dan Modal Minimal Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal Syariah Melalui Galeri Investasi Syariah (Studi Kasus pada mahasiswa Jurusan Manajen Keuangan Syariah IAIN Tulungagung angkatan 2018)” ini ditulis oleh nimas anin yuhanida, NIM. 12406173042, jurusan manajemen keuangan syariah, fakultas ekonomi dan bisnis islam, institut agama islam negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Nur Aini Latifah, SE, MM. Penelitian ini dilatar belakangi oleh berkembangnya industri pasar modal yang pesat sehingga memegang peranan penting serta bagian yang tidak terpisahkan dalam perekonomian suatu Negara. Dalam meningkatkan literasi masyarakat tentang pasar modal, Bursa Efek Indonesia bekerja sama dengan perguruan tinggi dan perusahaan sekuritas untuk meningkatkan minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal yang didukung dengan adanya Galeri Investasi Syariah di IAIN Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan investasi, atributproduk islami, risiko investasi dan modal minimal terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah baik secara parsial maupun secara simultan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan literasi evaluasi dalammeningkatkan minat berinvestasi di pasar modal syariah. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan sumber data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran koesioner secara langsung kepada responden yaitu mahasiswa jurusan manajemen keuangan syariah angkatan 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan tingkat lima preferensi jawaban, dan sampel sebanyak 128 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis uji regresi linier berganda dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengetahuan Investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi dipasar modal syariah (2) atribut produk islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi dipasar modal syariah (3) risiko Investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi dipasar modal syariah (4) modal minimal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi dipasar modal syariah (5) pengetahuan Investasi, atribut produk islami, risiko investasi, dan modal minimal secarabersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi dipasar modal syariah. Kata Kunci: Pengetahuan Investasi, Atribut Produk Islami, Risiko Investasi, Modal Minimal, Dan Minat Berinvestasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: S1 12406173042 Nimas Anin Yuhanida
Date Deposited: 21 Jun 2021 03:05
Last Modified: 21 Jun 2021 03:05
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/19772

Actions (login required)

View Item View Item