STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TOKO AYU ACCESSORIES DESA SOBONTORO KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

LENI RETNO DWININGSIH, 17402163046 (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TOKO AYU ACCESSORIES DESA SOBONTORO KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (138kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Usaha Toko Ayu Accessories Desa Sobontoro Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung dalam Perspektif Ekonoimi Islam” ini ditulis oleh Leni Retno Dwiningsih, NIM. 17402163046, pembimbing Nur Aziz Muslim, M.H.I. Latar belakang dalam penelitian ini adalah semakin banyaknya toko aksesoris di Kecamatan Boyolangu sangat memicu toko-toko aksesoris untuk merancang strategi dalam menjalankan usahanya. Strategi-strategi yang dirancang menggunakan analisis SWOT akan sangat membantu dalam pengembangan usaha sehingga dapat bersaing dengan toko aksesoris lain. Dalam perumusan strategi ini tentunya juga harus sesuai dengan nilai-nilai Islami agar usaha yang dijalankan bisa mendatangkan maslahat bagi pelaku usaha itu sendiri, konsumen, bahkan pesaing. Salah satu toko aksesoris yang cukup terkenal di wilayah Kecamatan Boyolangu adalah Toko Ayu Accessories yang berada di Desa Sobontoro. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi pengembangan usaha Toko Ayu Accessories Desa Sobontoro?, (2) Bagaimana tinjauan perspektif Ekonomi Islam terhadap strategi pengembangan usaha Toko Ayu Accessories Desa Sobontoro?. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan yang berlokasi di Toko Ayu Accessories Desa Sobontoro Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Data yang di gunakan adalah data primer yang di peroleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap responden. Dalam menganalisis data kualitatif menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam mengembangkan usaha, Toko Ayu Accessories Desa Sobontoro menyususn strategi-strategi berdasarkan analisis SWOT. Strategi dengan analisis SWOT terdiri dari internal toko, yaitu kekuatan dan kelemahan, serta eksternal toko, yaitu peluang dan ancaman. Penyususnan strategi dengan analisis SWOT berguna untuk memaksimalkan kekuatan dan peluang serta meminimalkan adanya kelemahan dan ancaman; (2) Toko Ayu Accessories Desa Sobontoro Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung selain menggunakan teori dan konsep strategi pengembangan usaha konvensional, juga menerapkan strategi pengembangan usaha Islami, diantaranya: niat yang baik, berinteraksi dengan akhlak, bersyukur, mencontoh praktik dagang Nabi Muhammad SAW, kerja sebagai ibadah, menjaga aturan syariah, serta bersikap rendah hati dan menghindari kesombongan. Kata Kunci: Perkembangan Toko Ayu Accessories Desa Sobontoro, Analisis SWOT

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163046 LENI RETNO DWININGSIH
Date Deposited: 15 Jun 2021 04:30
Last Modified: 15 Jun 2021 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19692

Actions (login required)

View Item View Item