STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGEMBANGKAN USAHA DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Toko Sandal Ping Tulungagung)

KATON APRILLIA, 12402173584 (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGEMBANGKAN USAHA DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Toko Sandal Ping Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (731kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran dalam Mengembangkan Usaha Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Toko Sandal Ping Tulungagung)” yang ditulis oleh Katon Aprillia, NIM. 12402173584, Dosen Pembimbing Elok Fitriani Rafikasari, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan bisnis yang semakin ketat, diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar usaha yang dijalankan dapat terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada masyarakat khususnya yang sedang mengembangkan usaha mengenai strategi pemasaran Toko Sandal Ping Tulungagung dalam mengembangkan usaha sehingga memiliki 7 karyawan dan 2 toko cabang. Namun demikian sebagai seorang muslim, etika bisnis Islam sangat dibutuhkan dalam menjalankan berbagai aktivitas usaha agar usaha yang dijalankan tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pemasaran dalam mengembangkan usaha di Toko Sandal Ping Tulungagung? (2) Bagaimana strategi pemasaran dalam mengembangkan usaha di Toko Sandal Ping Tulungagung ditinjau dari etika bisnis Islam? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan penelitian melalui perpanjang keikutsertaan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Berdasarkan hasil penelitian, strategi pemasaran Toko Sandal Ping Tulungagung dalam mengembangkan usahanya adalah melalui bauran pemasaran. Produk yang dijual berkualitas dan model terbaru. Harga yang digunakan mengikuti harga pasar dan mengambil keuntungan 10%. Tempatnya memilih lokasi yang strategis. Promosi melalui papan nama atau banner dan memberikan pelayanan yang baik kepada pembeli. Perkembangan usaha Toko Sandal Ping Tulungagung terlihat dari pendapatan rata-rata harian 2.500.000 di toko pusat dan 1.000.000 di setiap toko cabang. Toko ini memiliki 7 karyawan dan 3 toko yang terletak di Desa Ringinpitu, Desa Loderesan dan Desa Mojosari. Strategi pemasaran Toko Sandal Ping Tulungagung dalam mengembangkan usaha sesuai dengan etika bisnis Islam karena produk yang dijual berkualitas, memiliki daya tarik dan menghindari unsur gharar. Harga yang digunakan mengikuti harga pasar dan tidak mengambil keuntungan yang berlebihan. Tempatnya memilih lokasi yang strategis. Promosinya jelas dan sesuai dengan produk yang dijual. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Perkembangan Usaha, Etika Bisnis Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173584 KATON APRILLIA
Date Deposited: 11 Jun 2021 06:43
Last Modified: 11 Jun 2021 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19656

Actions (login required)

View Item View Item