PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII MTS DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

FINA WINDARTI, 17306163102 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII MTS DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (952kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fina Windarti. NIM 17306163102. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Kelas VII Mts Darul Falah Sumbergempol. Skripsi, Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Program Sarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Prof.Dr.Hj.Elfi Mu’awanah, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Media Sosial dan Komunikasi Interpersonal Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang dilihat dan diamati oleh peneliti di lingkungan sekitar Mts Darul Falah Sumbergempol ketika peneliti sedang melakukan observasi dan wawancara dengan salah satu guru BK di sekolah tersebut dari beberapa siswa-siswi yang peneliti temui. Fenomena tersebut adalah ketika peneliti sedang mengacak berbicara beberapa siswa-siswi dan menanyakan tentang keberadaan guru mereka, mereka malah saling menyuruh antar teman untuk menjawab dan saling lempar pandangan seakan mereka bingung harus menjawab dengan cara bagaimana serta yang lain acuh atau tidak menganggap keberadaan peneliti. Selain itu, terdapat juga siswa yang terlihat sendiri dan asyik dengan gagdetnya, bahkan ketika peneliti memberikan pertanyaan butuh waktu beberapa menit untuk siswa tersebut menjawab pertanyaan dan seakan bingung bagaimana harus menjawab pertanyaan yang peneliti berikan. Fenomena diatas semakin menguatkan hipotesis peneliti bahwa gadget memberikan pengaruh terhadap cara berkomunikasi, berdasarkan fenomena yang telah tersebut beberapa diatas, maka peneliti ingin melakukan penelitian dengan hipotesis yang berbunyi adanya pengaruh penggunaan media sosial terhadap komunikasi interpersonal pada siswa kelas VII Mts Darul Falah Sumbergempol. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan media sosial terhadap komunikasi interpersonal siswa-siswi kelas VII Mts Darul Falah Sumbergempol?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media sosial terhadap komunikasi interpersonal pada siswa kelas VII Mts Darul Falah Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan dua angket dengan skala Linkert sebagai skala pengukurannya, yakni angket Penggunaan Media Sosial dan angket Komunikasi Interpersonal. Angket Penggunaan Media Sosial disusun berdasarkan teori dari Lometti, Reeves dan Bybee, sedangkan angket Komunikasi Interpersonal yang disusun berdasarkan teori dari Yosep Devito. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Mts Darul Flah Sumbergempol yang berjumlah 83 siswa-siswi. Data dari hasil pnlitian kmudian dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment Pearson dengan sebelumnya melalui uji prasarat analisis yang berupa uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan uji normalitas dari kedua variabel didapatkan hasil sebesar 0,339 (p > 0,05) artinya data berdistribusi normal, dan dari hasil uji data linieritas didapatkan nilai signifikasi pada Linierity sebesar 0,015 (p < 0,05) artinya hubungan dari kedua variabel bersifat linier. Hasil analisis data penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara penggunaan media sosial terhadap komunikasi interpersonal pada siswa kelas VII Mts Darul Falah Sumbergempol dengan nilai koefisien korelasi (r)sebesar 0,260 serta Sig.(2-tailed) sebesar 0,018 (p < 0,05). Derajat hubungan dari kedua variabel berkategori rendah dan hubungannya bersifat negatif. Data dianalisis menggunakan bantuan program Statistical Product Service Solution (SPSS) 20 for windows.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: S1 17306163102 FINA WINDARTI
Date Deposited: 11 Jun 2021 01:56
Last Modified: 11 Jun 2021 01:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19624

Actions (login required)

View Item View Item