ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN PADA PETANI DALAM MEWUJUDKAN INKLUSI KEUANGAN (Study kasus BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Rizwa Tulungagung)

ULFATUL INTAN FITRIA, 12401173004 (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN PADA PETANI DALAM MEWUJUDKAN INKLUSI KEUANGAN (Study kasus BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Rizwa Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan pada Petani dalam mewujudkan Inklusi Keuangan (Study kasus BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Rizwa Tulungagung” ini ditulis oleh Ulfatul Intan Fitria, NIM 12401173004, Pembimbing Binti Nur Asiyah, M.Si. Penelitian ini di latar belakangi upaya dalam mewujudkan suatu Inklusi Keuangan para petani di Tulungagung. Maka dari itu setiap BMT memiliki strategi pemasaran untuk mengenalkan produk pembiayaan nya agar dikenal semakin meluas apalagi dikalangan petani yang masih sangat awam dalam hal mengenal lembaga keuangan seperti BMT. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan pada BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Rizwa Tulungagung ? (2) Bagaimana Strategi pemasaran prosuk pembiayaan pada petani dalam mewujudkan inklusi keuangan ? (3) bagaimana hubungan antara petani dan inklusi keuangan ? (4) apa saja kendala-kendala dan solusi Strategi pemasaran prosuk pembiayaan pada petani dalam mewujudkan inklusi keuangan ? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan jenis penelitian study kasus. Dimana peneliti mempelajari secara instensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan, lembaga maupun masyarakkat petani yang diteliti melalui berbagai teknik pengumpulan data. Adapun teknik pengumpulan data dalam metode ini adalah wawancara. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis model deduktif berangkat dari permasalahan umum untuk diambil kesimpulan pada permasalahan khusus. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti ini dilakukan triagulasi dengan sumber. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa (1) Strategi pemasaran produk pembiayaan yang dilakukan BMT Istiqomah Karangrejo dan BMT Rizwa Tulungagung menggunakan strategi jemput bola, pemasaran sosial media seperti whatsapp, instagram, facebook. Dalam masalah SOP marketing BMT Istiqomah belum membuat penerapan SOP tertulis, beda dengan BMT Rizwa yang sudah ada penerapan SOP marketing sehingga karyawan akan nyaman bekerja tanpa timbul rasa was-was apakah pekerjaan sesuai atau tidak. (2) strategi pemasaran produk pembiayaan pada petani dalam mewujudkkan inklusi keuangan pihak BMT mencari informasi tempat dimana terdapat sekelompok petani lalu para pemasar mendatangi kelompok tani tersebut. dikarenakan ada beberapa petani tidak pandai dalam bermain sosial media. Bidikan daerah kedua BMT yaitu mereka mengutamakan membidik daerah masing masih dikarenakan daerah tempat BMT merupakan kawasan pertanian, dalam mewujudkan inklusi keuangan para petani BMT Istiqomah Karangrejo sangat baik meski belum keseluruhan terbidik BMT Istiqomah mempunyai angsuran khsusus untuk pertanian sehingga membidik lebih banyak petani. (3)hubungan antara petani dan inklusi keuangan menurut kedua BMT sangatlah pnenting karena dengan adanya inklusi petani akan menjadi tahu dan menjadi makmur karena dipermudah dalam masalah pembiayaan modal. (4) kendala dan solusi dalam melakukan strategi pemasaran pada petani dalam mewujudkan inklusi keuangan BMT Istiqomah dan BMT rizwa hampir mempunyai kendala yang sama seperti kurangnya pemahama masyarakat serta kurangnya personil pemasaran untuk solusi kedua BMT akan lebih baik lagi dalam penyampaian dan memahamkan masyarakat, serta akan menambah personil pemasaran agar lebih luas dalam melakukan pemasaran. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Produk, Pembiayaan, Petani, Inklusi Keuangan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pembiayaan
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401173004 Ulfatul Intan Fitria
Date Deposited: 09 Jun 2021 02:53
Last Modified: 09 Jun 2021 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19585

Actions (login required)

View Item View Item