KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII DI SMP BUDI UTOMO SIDOARJO DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

MEGA SEPTY WULANDARI, 17204163151 (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII DI SMP BUDI UTOMO SIDOARJO DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (872kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (859kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Mega Septy Wulandari, 17204163151, “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII di SMP Budi Utomo Sidoarjo Ditinjau Dari Kemampuan Matematika”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Matematika, SPLDV Penelitian ini di latar belakangi dari hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan masalah SPLDV. Siswa diminta untuk mampu mengubah permasalahan nyata ke dalam model matematika. Sehingga, siswa tidak hanya mengandalkan kemampuan mengingat (recall), akan tetapi juga kemampuan untuk menginterpretasikan soal, tentu siswa diharuskan berpikir secara kritis untuk dapat menyelesaikan masalah SPLDV. Namun, banyak siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan ketika menyelesaikan soal, artinya siswa belum memenuhi standar teliti, jelas, tepat, dan relevan untuk kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mendeskripsikan berpikir kritis siswa berkemampuan matematika tinggi, 2) untuk mendeskripsikan berpikir kritis siswa berkemampuan matematika sedang, 3) untuk mendeskripsikan berpikir kritis siswa berkemampuan matematika rendah di SMP Budi Utomo Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian study kasus. Penelitian dilakukan di SMP Budi Utomo Sidoarjo yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII-C berjumlah 29 siswa dan diperoleh 3 subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) tes dan 2) wawancara. Tahap selanjutnya yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan SPLDV tahap interpretasi sudah sangat baik, tahap menganalisis cukup baik, tahap mengevaluasi masih belum memenuhi indikator dengan baik,dan sudah memenuhi tahap menginferensi dengan baik, 2) kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan SPLDV tahap interpretasi sudah sangat baik, belum memenuhi tahap menganalisis, tahap mengevaluasi sudah sangat baik, dan belum mampu memenuhi dengan baik pada saat menginferensi, 3) kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan SPLDV tahap menginterpretasi sudah cukup baik, pada ketiga tahap selanjutnya belum mampu memenuhi indikator dengan baik seperti pada tahap menganalisis, tahap mengevaluasi, dan tahap menginferensi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163151 MEGA SEPTY WULANDARI
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:26
Last Modified: 04 Jun 2021 02:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19499

Actions (login required)

View Item View Item