PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL HUDA REJOSO KABUPATEN NGANJUK

IFTAKHUL KARIMAH, 12506174030 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL HUDA REJOSO KABUPATEN NGANJUK. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (840kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (463kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (96kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Rejoso Kabupaten Nganjuk” ini ditulis oleh Iftakhul Karimah dengan Promotor Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. dan Prof. Dr. H. Maftukhin, M.Ag. Kata Kunci : Prestasi belajar, Kemenarikan modul, Modul mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Validitas modul Modul adalah suatu pengorganisasian materi pelajaran yang memperhatikan fungsi pendidikan. Strategi pengorganisasian materi pembelajaran mengandung proses yang mengacu dan pembuatan urutan penyajian materi pelajaran, dan analisis yang mengacu pada upaya untuk menunjukkan kepada para pelajar keterkaitan antara fakta, konsep, prosedur yang terkandung dalam matari pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mendeskripsikan proses pengembangan modul berbasis gambar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, 2) Menjelaskan tingkat kemenarikan modul mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, 3) Menjelaskan pengaruh pengembangan modul mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis gambar untuk menigkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Rejoso Kabupaten Nganjuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Reseacrh and Development untuk menghasilkan produk pengembangan modul mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis gambar. Desain yang digunakan dalam pengembangan modul ini mengacu pada model desain Borg and Gall. Adapun tahap pengembangannya melalui empat tahap, yakni; 1) Tahap pra-pengembangan, 2) Tahap pengembangan produk, 3) Tahap Validasi dan revisi, 4) Tahap uji coba produk. Hasil penelitian adalah (1) Proses pengembangan modul, diperoleh sebuah desain modul mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII semester II. Dari hasil validasi media pembelajaran ini menunjukkan kevalidan yang terbukti dengan presentase rata-rata dari: a) validasi ahli isi (materi) 70% menyatakan sangat valid, b) hasil validasi ahli media desain pembelajaran 72% menyatakan sangat valid, c) hasil validasi ahli pembelajaran (guru) 86% menyatakan sangat valid. (2) Hasil presentase tingkat kevalidan pada uji coba kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Rejoso Kabupaten Nganjuk menunjukkan 86% menyatakan sangat valid. (3) Hasil analisis data melalui rumus uji t menghasilkan t hitung = 2,324 > t tabel = 1,782, sehingga terdapat perbedaan pada siswa yang menggunakan modul pembelajaran dengan yang tidak. Maka hasil pengembangan yang telah dilakukan mampu meningkatkan Prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174030 IFTAKHUL KARIMAH
Date Deposited: 28 May 2021 08:18
Last Modified: 28 May 2021 08:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19431

Actions (login required)

View Item View Item